March 31, 2016

Lovely High School

Sebelum memulai membicarakan buku ini, aku lupa terakhir kali menaruh buku ini dimana dan tahu-tahu bukunya sudah lenyap tidak dapat ditemukan, duh padahal aku yakin sekali menaruhnya dirumah tapi dimana ya. Btw, ketika Shining Rose Media mengeluarkan light novel lokal mereka, tak lama kemudian (aku mendapatkan informasi bahwa) Bukune juga menerbitkan light novel karya dari Yoana Dianika yang berjudul Lovely High School yang ilustrasinya diserahkan oleh M.Nasihin (Xinnosuke).Sayangnya aku lupa ShiRo Media atau Bukune duluan yang menerbitkan light novel buatan karya anak bangsa.

Jahatnya diriku adalah aku langsung mencap buku ini sebagai novel cinta-cintaan biasa, eh tapi walaupun begitu aku tetap membeli dan membacanya untuk menghilangkan pikiran negatif tersebut. Aku rada bingung apakah buku ini bisa disebut Light Novel atau tidak, dari segi konten/isi cerita yang ringan sih yes dan ada juga ilustrasi... tapi ukuran dan bentuk jalan ceritanya seperti Novel pada umumnya. Sejujurnya aku sih ingin mengatakan buku light novel ini adalah kumpulan cerpen, tapi sepertinya rada kejam juga, jadi mari disebut saja kumpulan novel.

Teenlit Biasa
Light novel ini terdiri dari 5 bab yang menceritakan kisah percintaan. Awalnya kupikir dalam 5 bab ini semua ceritanya saling berhubungan, seengganya tokoh dari cerita bab sebelumnya memiliki garis hubungan dengan tokoh di bab itu kalopun tidak, tokoh sebelumnya membantu, menjadi figuran atau pun cameo. Namun sayangnya engga juga, jadi hanya setting sekolahnya saja yang sama, mereka semua bersekolah di Mirai Gakuen, sekolah swasta di Surabaya untuk keturunan dan/atau imigran Jepang. Tapi seingatku tetap saja ada orang pribumi yang bersekolah disitu kok. Satu hal lagi yang mengusik pikiranku, fasilitas di sekolah itu wow banget (oh sial mengapa aku langsung teringat pada Tiap Detik). Walaupun ini berlokasikan di Surabaya tapi lingkungan yang dituliskan sepertinya tidak menggambarkan suatu tempat di Surabaya sama sekali.

Kelima tokoh yang berbeda, memiliki kisah percintaan yang berbeda-beda. Mulai dari yang sangat pemalu, semangat yang menggebu-gebu dan lainnya. Dan untuk prianya ada yang terlihat agak ragu-ragu mengambil jalan cinta (karena tersaingi oleh teman/senior-nya) ada juga yang seperti bertingkah layaknya anak SD, membuat perempuan disukainya kesal terhadapnya agar mendapatkan perhatiannya.

Permasalahan ABG
Entah kenapa pada kasus ini juga aku suka mempedulikan hal-hal kecil. Seperti ketika peran utama perempuan bertengkar dengan teman baiknya karena kesalahpahaman (actually, kesalahan ini disebabkan oleh peran utama perempuan yang kurang hati-hati dan teliti sih) teman baiknya ini langsung menjauhi/memusuhi dengan peran utama wanita. Kesalahan yang dilakukan oleh peran utama wanita juga membuat hubungan dengan pria yang disukai menjadi sedikit ruyam. Nah begitu masalahnya sudah diluruskan dan cintanya tercapainya, bagaimana nasib pertemanan dengan si teman baiknya? Ini menjadi hole bagiku, yah mungkin tak perlu repot-repot dijelaskan karena ternyata sudah ketahuan peran utama perempuan (emang dari awal) tidak mengincar pria yang sama diincar dengan teman baiknya tapi tetap saja aku butuh penjelasan. Ada lagi ketika sang pria langsung tahu nomor telepon cewek broadcasting dan saling berkirim pesan. Katanya sih ia tahu nomor telepon dari kakaknya si cewek broadcasting, berarti pria ini sudah mengincar lama si cewek dong? Entahlah toh engga dijelaskan juga.



Bila diawal aku menduga light novel ini adalah cinta-cintaan biasa, iya, bagiku ini adalah cinta-cintaan biasa. Masalah percintaannya sih engga lebay-lebay amat kayak di drama tapi ga senormal juga seperti di kehidupan nyata. Padahal kalo mau menargetkan ke pembaca kisaran SMP hingga awal SMA aku sedikit mengharapkan ceritanya sweet banget, ada sih scene yang pria agak sedikit 'heroik' langsung mengambil tindakan cepat ke perempuan yang dicintainya tapi scene tersebut aku tidak merasakan yang membuat hati berdegup kencang. Ya buku ini sih cocok untuk yang menginginkan percintaan sewajarnya, kisah percintaan yang engga berbelit-belit dan ceritanya yang tidak panjang sehingga mudah untuk diikuti.

No comments:

Post a Comment

 

Autumn 2015 Anime Chart

【Autumn 2015 Anime Chart】
For other info, click here.
For its hashtags, click here.

Featured Video


Random Posts