March 14, 2016

Virtuality

Akhir 2015 dengan ada Webtoon Contest Challenge yang diadakan oleh Line Indonesia aku mulai membaca beberapa komik para peserta kontestan disitu. Awalnya Line Webtoon hanya kugunakan untuk media pencari free coin, berhubungan: aku tidak membaca banyak webtoon dan yang kubaca tidak ada satu pun ada di Line. Sejujurnya awalnya aku juga membaca karena ada temanku yang meng-submit karyanya disana dan setelah selesai membaca karyanya, aku mulai mencoba membaca dari kontestan lainnya. Dengan deadline yang terbatas ada sebagian karya yang hanya berujung pada 3 chapter saja, dan aku sebagai pembaca mengira begitu Webtoon Contest Challenge sudah selesai tidak akan ada update-an lagi dari karya-karya tersebut.

Dan pas aku iseng coba cek sekitar 3 minggu yang lalu (sekaligus membaca komik kontestan lainnya), ternyata beberapa karya ada yang terus update. Tepat seminggu ini, membaca webtoon setelah bangun pagi hari sudah menjadi sarapan rutinku sebelum menjalankan aktivitas lainnya. Banyak komik yang aku baca, terutama di section "Mulai terbitkan komik karyamu sendiri!" dan salah satunya yang membuatku tertarik baru-baru ini adalah Virtuality (ditulis Virtüality: game dunia virtual) karya dari Pyrara.


Virtüality: game dunia virtual

Kamu pernah engga sih main game The Sims atau simulasi kehidupan lainnya seperti Animal Boyfriend, Line Play, Audition AyoDance atau pun game facebook yang bisa bikin avatar lucu main ke tempat profile/rumah orang lain (sial aku lupa nama game-nya, padahal dulu booming banget dan aku sempat memainkan itu juga). Komik ini menceritakan tentang perasaan sebuah (atau tepatnya seseorang?) tokoh game yang memiliki User yang tak bisa diandalkan. Lho, bagaimana bisa sebuah data mempunyai perasaan? Ya mungkin saat ini aku mengatakan seandainya bila avatar atau tokoh yang kamu mainkan mempunyai perasaan (atau keinginan bebas layaknya manusia makhluk hidup didunia ini) maka kurang lebih seperti inilah kejadiannya.

Kreasikan Avatarmu
"Halo, saya karakter anda, silahkan ubah saya sesuai keinginan anda," selesai melontarkan senyuman hangat dan ramah calon avatar yang akan dibuat oleh User ini mulai memberikan saran bentuk tampilan avatar yang keren. Namun sangat disayangkan User tersebut malah membuat avatar-nya sangat sederhana (yah mungkin keterbatasan pilihan ketika baru memulai game, stay positive thinking okay). Waktunya memberi nama avatar yang dibuat dan siapa sangka sang User malah menggunakan kata yang sangat konyol untuk menamai avatar-nya. Untungnya sistem tidak memperbolehkan hal ini terjadi. User memutuskan nama yang wajar, Erik. Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membangun personality, ability dan/atau mengumpulkan uang. Untuk apa? tentunya memperkaya avatar buatannya sehingga dia bisa puas dengan avatar-nya, terlebih lagi berpenampilan stylish dan trendy agar bisa memikat orang lain. Eh tunggu, nampaknya User Erik ini punya tujuan lain. Ia langsung mengundang teman perempuan padahal belum mempunyai daya tarik apa pun. Dan ketahuanlah hasilnya, semuanya menolak. Keputusan User ini membuat Erik cukup sengsara. Semangat Erik, sistem akan membantumu dengan memberikan fitur "deskripsikan wanita yang kamu sukai" ke User tapi sayangnya User Erik ini malah menuliskan fetish-nya. Apalagi User Erik ini mudah sekali membuang permata hanya untuk mengundang teman perempuan, padahal permata berharga sekali bisa digunakan untuk banyak hal. Ah... sia-sia aku mencoba positive thinking.

Tunggu dulu Erik, akhirnya ada juga perempuan yang mau berteman denganmu! Selamat Erik kamu telah berteman dengan Suzanne. Setelah banyak yang terjadi membuat Erik curiga dengan Suzanne, dan... benar saja tebakannya ternyata Suzanne adalah hode (lelaki yang menggunakan karakter perempuan, walaupun aku tak tahu persis sejarahnya namun istilah hode berasal dari monster Ragnarok Online sedangkan perempuan yang menggunakan karakter lelaki seringkali disebut deho, atau beberapa ada yang menyebutnya magno atau pun slot. Ya engga penting sih, tapi kamu bisa klik link tersebut kalo mau, sudah sengaja kucarikan lho).

Begitu Suzanne telah log off, sistem memberikan diskon besar! Hanya dengan dua puluh ribu rupiah Erik bisa jadi milyuner! Tapi ternyata User Erik tak ingin membuang sepersenpun dan memutuskan Erik untuk bekerja hingga bisa membeli pakaian dan memikat cewek. Akhirnya ada cewek yang tertarik dengan Erik, Sweetiee namanya. Ia mengemis untuk dibelikan pakaian dan tak Erik sangka, User Erik melakukan apa saja untuk Sweetiee bahkan sampai defisit. Parahnya lagi, ternyata User Erik ini menghabiskan uang 2 juta rupiah hanya untuk Sweetiee! Wow bahkan Erik saja tidak mendapatkan cash item/costume sedikitpun.

Cash Item
Sedikit mengobrol berapa sih uang yang sudah kebuang hanya untuk item di game online. Aku sih hanya sekitar seratus ribu kalo tidak salah, waktu itu jaman GetAmped Lyto masih menggunakan bill untuk dapat memainkannya (ini exclude bill warnet lho ya) dan kostum Ayodance. Sedangkan teman-temanku menghabiskan sekitar 3 juta hingga 5 juta keatas untuk Ayodance (mungkin ada 10 juta kalo dihitung total hingga sekarang masih main), belum terhitung game lain. Semenjak saat itu hingga detik ini aku belum pernah membuang uang lagi untuk virtual item/game online. Ya aku orang pelit, selama masih bisa free aku takkan membuang uangku.

Temannya temanku menghabiskan setengah juta untuk MMORPG Android, dan dengan banyak mobage roll gacha saat ini seperti Love Live! School Idol Festival (SIF) dan The Idolmaster: Cinderella Girls Starlight Stage (DereSute) lumayan banyak orang yang menghabiskan dua ratus ribu hingga satu juta (atau lebih) untuk membeli ginjal di SIF atau pun star jewel di Deresute. Ya kalo kamu pemain game ini (dan bergabung dengan salah satu grup-nya) sih pasti sudah tahu ya hahahaha. Aku sudah cukup butthurt ketika draw capsule saat memainkan SD Gundam Online SEA (SDGO) menghabiskan 20.000 point lebih tak mendapatkan unit yang kuinginkan, padahal aku membutuhkannya untuk bahan Blueprint. Apalagi aku mendengar bahwa untuk mendapatkan SSRank chance-nya hanya 1,5% walah padahal dulu aku memainkan game online (kalau tidak salah) chance monster langka tersebut muncul hanya 2% itu respawn dia tiap 30 detik hingga 5 menit sekali itu sudah kewalahan sekali (sayangnya aku lupa game apa dan monster apa itu).

Aku terkadang berpikiran game online atau mobage seperti drugs, kalo tidak dapat yang diinginkan penasaran terus dan jujur saja ketika main Dragon Nest atau SDGO aku juga seringkali tergiur dengan cash mall-nya tapi selalu saja kuurungkan niatku untuk membeli virtual item. Ngomong-ngomong soal Gacha juga, mungkin artikel dari JOI ini bisa menjadi obrolan tambahan.

Noobie
Aku sih tidak heran dengan kelakuan User yang aneh-aneh, berhubungan tak sedikit orang yang main The Sims dan sengaja membuatnya mati konyol. Soalnya aku juga pernah iseng melakukan hal itu juga. Di Virtuality menggambarkan User Erik yang sangat hopeless yang semua keputusannya membuat Erik kian hari makin terpuruk saja menjalani kesehariannya. Ditambah lagi teman-teman Erik meskipun baik hati tetap saja cukup berbahaya sifatnya. Keseharian Erik yang mempunyai majikan tak tertolong ini sukses membuatku tertawa chapter demi chapter.

Dunia Inipun Tidak Adil
Ah bila sebelumnya aku menulis Ayodance ya, walaupun game itu bukan life simulation tapi tetap saja membuat user-nya (secara tak langsung ingin) memperindah avatar miliknya di fashion mall (ngomong-ngomong aku memainkan Ayodance ketika game-nya masih baru-baru rilis, sayangnya kemampuanku suck sekali, sehingga hanya bertahan sekitar 5 bulan. Untungnya aku hanya menghabiskan cash untuk costume set pakaian adat daerah dan chat color saja).

"Tiap orang pasti pernah patah hati sekali dua kali, jangan manja!"

Sebuah kenyataan pahit yang harus dijalankan oleh Erik, padahal ia tak mengharapkan banyak hal. Ingin menjalakan kehidupannya biasa-biasa saja, memasuki dunia universitas, berkerja dan memiliki pasangan nantinya. Namun apa daya User Erik membuat kehidupan Erik jauh diluar harapannya, bahkan sangat keras untuk dirinya. Ikuti saja sendiri kesedihan Erik yang kocak dengan membaca di Line Webtoon Challenge.

1 comment:

  1. Mkasih bngt udh share gambar ini... gw suka bngt komik yg ini, tp gw smpet lama g buka app.a terus pas tiba2 keinget lg ama komik ini gw lupa ama judul.a gw cari2 liatin 1 1 komik yg ada anpe mabok, gw ubek2 google jg ga nemu... pas akhirnya ketemu pic di web ini... oh god... thx bngt sob...

    ReplyDelete

 

Autumn 2015 Anime Chart

【Autumn 2015 Anime Chart】
For other info, click here.
For its hashtags, click here.

Featured Video


Random Posts