July 30, 2017

BanG Dream! Girls Band Party!

Game rhythm selalu saja membuat menarik bagiku. Rhythm game membuatku diriku harus berkonsentrasi untuk menekan tombol yang tepat dan mengikuti ketukan nada. Selain itu rhythm selalu berhasil membuatku rileks dan candu dengan lagu-lagunya yang disajikan. Walau begitu, hingga detik ini, jujur saja di BanG Dream! Girls Band Party! (バンドリ! ガールズバンドパーティ!) aku belum menemukan lagu yang klop atau pun demen banget, entah mengapa semuanya terdengar biasa saja bagiku (maafkan).


BanG Dream! Girls Band Party! (バンドリ! ガールズバンドパーティ!)

Bicara diluar itu, aku sudah memainkan Bandori (singkatan game ini) sejak dari versi 1.0-nya alias rilisan pertama. Dan memainkan game ini terkadang membuatku ingin melanjutkan menonton kembali anime-nya (sebelumnya aku sudah menonton 2-3 episode hanya saja aku melihat malas melihat Kasumi Toyama yang sifatnya seperti itu). Sisi menarik dari proyek BanG Dream adalah mereka merekrut seiyuu yang benar-benar bisa memainkan alat musik dan membentuk sebuah Bandol (Band Idol). BanG Dream juga merupa mixed-multimedia project yang jauh sebelum anime-nya tayang bandol mereka sudah terbentuk dari 2015, bentuk manga-nya juga sudah ada di terbitan bulanan Bushiroad, sudah memiliki lagu dan juga sudah konser sebanyak tiga kali (kurang-lebih mungkin mirip seperti mixed-multimedia project Love Live! apalagi wujud game-nya juga sama-sama dikembangkan oleh Bushimo). Craft Egg sebelumnya juga sudah sukses mengembangkan game cewek-cewek imutnya di Nanairo Run Girls.

Gitar Berbentuk Bintang
Bila dibandingkan dengan LoveLive! School Idol Festival (SIF) dan The Idolmaster: Cinderella Girls Starlight Stage (Deresute), Bandori jauh lebih nyaman ketimbang keduanya. Sebagai rhythm game rhythm smartphone yang wujudnya band, Bandori menghadirkan model button gepeng seperti saat memainkan Guitar Hero. Jumlah button yang disediakan sebanyak 7 buah yang sangat fit di jari sehingga menekan tombol yang ditengah enak sekali dilakukan entah aku menggunakan tangan kanan maupun tangan kiri, dan ruas antar jarak tiap button sangat pas sekali, tidak terlalu besar tidak terlalu kecil.

Ada tiga jenis tap yang bisa dilakukan, menekannya biasa, menahan (hold) tap-mu dan mengikuti arus nada button yang turun dan slide keatas dengan button yang berwujud diamond berwarna merazh. Sayangnya button yang muncul pasti posisi turunnya tidak berubah, maksudku kalo di Deresute bisa saja awalnya button itu muncul di sebelah paling pojok kiri namun begitu turun nanti posisi button tersebut akan berubah jadi di tengah atau pojok kanan sehingga sedikit membingungkan pemain bila tak konsentrasi penuh.

Apabila pemain merasa jarak antar button yang turun terasa mepet, atau speed button yang turun terasa terlalu lamban atau terlalu cepat, pemain bisa meng-adjust dengan mengatur speed-nya. Speed default 5.0x tapi saat ini aku nyaman di speed 8.5x celah jarak antar button yang turun semakin terlihat.

Bila di game lain kita membutuhkan energy untuk bermain atau beraktivitas, maka hal ini tidak berlaku untuk Bandori. Kamu bisa memainkan game ini sepuasnya tanpa mengkhawatirkan energy, karena game ini tidak mengenal hal itu. Sebagai pengganti energy bar, Bandori memiliki live boost yang berlogo api. Tentu saja fungsi live boost bar ini jauh berbeda dengan energy bar. Live Boost berguna untuk mengali poin exp dan uang. Apabila api live boost sudah habis maka kamu akan seret mendapatkan exp dan uang, tapi kamu tetap bisa bermain sebanyak yang kamu inginkan. Pengisian live bosst juga lah tidak sebentar, setidaknya kamu membutuhkan setengah jam untuk mendapat 1 api.

Gameplay Bandori semakin asik dengan banyaknya tempat yang bisa dikunjungi dan interaksi antar karakternya. Setiap kali telah memainkan beberapa lagu, sudah naik level, membuka tempat baru atau pun membeli barang baru maka ada sebuah topik pembicaraan baru, entah karater itu ngomong sendirian atau pun berbicara dengan teman sebandnya. Pembicaraan ini cukup penting karena bisa meningkatkan level-mu dan rank band karakter tersebut. Ngomong-ngomong barang peralatan musik seperti mic, drum atau poster promosi yang kamu beli itu akan berpengaruh dalam meningkatkan rank band.

BanG Dream! Girls Band Party! (バンドリ! ガールズバンドパーティ!)

BanG Dream! Girls Band Party! (バンドリ! ガールズバンドパーティ!)

BanG Dream! Girls Band Party! (バンドリ! ガールズバンドパーティ!)

Masih merasa kurang puas? Lagunya yang disajikan Bandori ada banyak sekali yang bisa kamu dapatkan dengan cara menyelesaikan main story, diluar lagu orisinil, mereka juga meng-cover lagu-lagu populer. Sayangnya kamu bukan pendengar lagu-lagu populer atau kamu hanya tahu lagu berdasarkan soundtrack anime? Tak perlu khawatir akan hal itu, karena cover-an lagu Bandori adalah anisong-anisong populer yang meski walau kamu tidak/belum pernah menonton anime-nya tapi pasti kamu pernah mendengar lagunya setidaknya sekali-duakali. Beberapa lagu yang di-cover mereka seperti: Butter-Fly (OST OP Digimon), Don't Say Lazy (OST ED K-ON!), Sobakasu (OST Samurai X), Karma (OST OP Tales of the Abyss), Sorairo Days (OST Gurren Lagamn), Hikaru Nara (OST OP Your Lie in April), Tamashii no Refrain (OST Neon Genesis Evangelion), God knows... (OST Insert Suzumiya Haruhi no Yuutsu) dan masih banyak lagi dan akan bertambah lagi kedepannya (sebenarnya aku masih ingin menyebutkan lagu-lagu lainnya).

Bermain Bersama
Salah satu fitur khusus yang terdapat di Bandori adalah Multi Live. Kamu bisa bermain bersama-sama dengan orang lain. Di Multi Live tiap pemain memilih difficulty-nya masing-masing, dengan begini kamu bisa menyelesaikan lagu yang sulit dimainkan menjadi lebih mudah. Lagu yang diputar saat Multi Live adalah hasil acak berdasarkan lagu-lagu yang dipilih oleh para pemain. Sayangnya Multi Live membutuhkan koneksi yang sangat stabil, apabila internet (salah satu) pemain sedang rentan maka akan langsung disconnect secara otomatis, kecuali bila kamu sudah ditengah lagu maka permainan akan tetap langsung memainkannya.

BanG Dream! Girls Band Party! (バンドリ! ガールズバンドパーティ!)

BanG Dream! Girls Band Party! (バンドリ! ガールズバンドパーティ!)

BanG Dream! Girls Band Party! (バンドリ! ガールズバンドパーティ!)

BanG Dream! Girls Band Party! (バンドリ! ガールズバンドパーティ!)

Selain itu sebenarnya ada satu hal lagi yang membuatku risih saat sedang bermain memainkan lagu. Ketika salah satu member band berhasil meng-cast jurusnya maka karakter tersebut akan mengoceh (yang menurutku suara ocehan karakter tersebut menggangguku ketika sedang asik mendengarkan lagu yang kumainkan). Ocehan ini tidak hanya sepatah satu-dua kata, seringkali ocehan tersebut diiringi oleh balasan dari karakter, bagaikan seperti para member band yang asik mengobrol sembari asik bermain tampil perform diatas panggung.

BanG Dream! Girls Band Party! (バンドリ! ガールズバンドパーティ!)

Event yang dihadirkan Bandori juga cenderung membosankan, bila di game lain kita harus memainkan playlist lagu tertentu, menggunakan difficulty tertentu, harus mencapai target skor diatas sekain poin atau tidak boleh mendapatkan miss atau good sebanyak sekain atau syarat-syarat menjalankan event lainnya. Di Bandori belum ada hal itu. Jujur saja ketika aku bermain aku sempat bingung bagaimana caranya berpartisipasi event. Dan ketika kutanya teman-temanku,"Engga ada, Bandori mah tinggal mainkan lagu apa aja, entar juga dapat event point sendiri."

BanG Dream! Girls Band Party! (バンドリ! ガールズバンドパーティ!)

BanG Dream! Girls Band Party! (バンドリ! ガールズバンドパーティ!)

BanG Dream! Girls Band Party! (バンドリ! ガールズバンドパーティ!)

BanG Dream! Girls Band Party! (バンドリ! ガールズバンドパーティ!)

Untuk roll gacha-nya juga tidak seperti SIF yang dimana bulk draw maka akan gratis satu gacha. Sebenarnya aku sangat mengharapkan ini, ya kau tahu lah, untuk memperbesar chance mendapatkan yang diinginkan atau seengganya mendapatkan lebih banyak. Jadi mau bulk draw atau solo draw sama saja mengeluarkan cost-nya. Saat roll gacha-nya juga sebenarnya lebih mengerikan, karena result-nya langsung ketahuan tanpa ada jeda per-gacha-nya, kecuali kalau pemain mendapatkan 3-star atau 4-star maka ada sedikit jeda.

Mari Bernyanyi
Secara overall game ini sangat menyenangkan dengan segala macam fitur yang diberikan, membeli peralatan band, membeli makanan, mempromosikan band mereka melalui poster, interaksi antar tokoh, tempat-tempat yang bisa dikunjungi, lagu-lagu cover, terdapat cerita utama dan cerita tiap band dan terutama cara memainkan rhythm-nya yang sangat nyaman. Game ini berhasil memikatku dengan banyak cara, pastinya aku masih menantikan event Bandori yang lebih menantang sehingga aku bisa lebih nyantol dan akan memainkan game ini seharian untuk mengejar dan mencapai deadline event tersebut.

BanG Dream! Girls Band Party! (バンドリ! ガールズバンドパーティ!)

No comments:

Post a Comment

 

Autumn 2015 Anime Chart

【Autumn 2015 Anime Chart】
For other info, click here.
For its hashtags, click here.

Featured Video


Random Posts