November 2, 2015

Kono Bijutsubu ni wa Mondai ga Aru!

Sebenarnya bukanlah aktivitas baru ketika mendapatkan sebuah berita ada manga yang akan diangkat menjadi anime, aku segera mencoba membacanya terlebih dahulu sebelum animenya beredar. Yap, Kono Bijutsubu ni wa Mondai ga Aru! (这个美术部有问题!; There's a problem with this art club!) atau yang bisa diartikan dengan Ada Yang Engga Beres Dengan Eksul Seni Ini adalah karya Imigi Muru menghadirkan cerita komedi segar dengan sesendok bumbu unrequited love antara gadis tsundere yang seringkali sulit mengukapkan perasaannya kepada seorang lelaki bodoh tak hentinya menghibur diriku.

Aku selalu merasa kesulitan dalam menuliskan review yang basicnya komedi, mungkin dalam post kali ini aku lebih tepatnya menulis sebuah rekomen dibandingkan review.

Waifuku "Nyata"
Selamat datang di eskul Seni Lukis SMP Tsukumori yang hanya beranggotakan 4 orang yang setiap harinya giat mengasah kemampuan melukis mereka. Giat? Well, sebenarnya tidak juga. Karena ketua ekskul ini sebenarnya sangat pemalas dan kerjaannya hanya tidur seharian penuh. Oke mari simak peran utama komik ini, Subaru Uchimaki, yang sangat terobsesi dengan waifu ciptaannya (bahkan ia sama sekali tidak tertarik dengan perempuan nyata) sehingga peminatan gaya lukisnya selalu dengan tokoh gadis moe, ah bukankah teknik tersebut lebih cocok ke gaya komik? Ya itulah peran utama dalam komik ini. Duanya lagi? Hanya seorang gadis yang benar-benar mencintai dan memahami seni sepenuhnya dan cewek blesteran yang super polos.

Mengenai waifu ciptaannya, Ya karena Uchimaki seorang otaku berat, ia hanya menggambarkan tokoh moe saja. Namun jangan salah lho, keseriusan dia membuatnya pusing setiap harinya bagaimana menciptakan tokoh idealnya. Dan tiap kali ia menyelesaikan karyanya, tentu saja dia dapat mendeskripsikan karyanya (tepatnya tokoh ciptaannya) dengan detail dan semangat. Dan lagi... semua karya yang telah diciptakannya merupakan "tunangan"-nya Uchimaki. Hingga suatu hari Uchimaki berhasil menciptakan tunangannya yang paling sempurna dan memutuskan untuk keluar dari ekskul karena dengan selesainya karya tersebut ia tidak akan lagi menggambarkan tokoh gadis yang baru.

Tsundere, Otaku, Tukang Tidur, Bule
Hubungan rumit yang terjalin antara tiap anggota ekskul seni yang sifatnya saling melengkapi satu sama lain ditambah dengan kejadian sehari-hari terjadi siap menggelitik dan menghibur para pembaca. Berikut tokoh-tokohnya

  • Subaru Uchimaki: Tokoh utama pria dalam komik ini, otaku berat yang secara membingungkan mengapa ia bisa bergabung dalam ekskul seni. Sifatnya yang seadanya dan sedikit senang menjahil lumayan sering membuat hati Usami berdegup kencang tanpa ia sadari (meskipun kelakuan atau sikap darinya (ia pikir) sewajarnya dan biasa saja). Sifat seadanya yang aku maksud bukanlah artian negatif, maksudku ia senang bermain, turut ikut menjahili, dan bahkan membantu orang lain. Ya dia bukanlah seorang introvert, dia akan ikut serta ke pesta atau pun membuat pesta tersebut (maaf aku kesulitan mengungkapkan sikap dia).
  • Mizuki Usami: Kelinci manis yang diam-diam menyukai Uchimaki seringkali kesulitan mengungkapkan perasaanya. Walaupun Uchimaki terkadang kebingungan dengan sikap Usami, itu sebenarnya Usami hanya kebingungan harus bagaimana dengan orang yang disukainya. Selain itu ia juga mudah marah untuk menutupi rasa malu dirinya. Sebenarnya ia juga ringan tangan sih dalam melespakan amarahnya, ya tentu saja ini dipicu dengan keadaan sekitar.
  • President: Sejauh ini tidak bernama, mungkin hingga selesai juga tak bernama, Ketua eskul seni lukis yang sama sekali tidak terlihat seperti ketua ekskul karena ia sangat pemalas dan malah memperburuk masalah yang ada dengan ide-idenya. Karena kelakuannya seperti ini pula, mungkin ini penyebabnya ekskul seni lukis hanya sedikit anggotanya.
  • Collete: Cewek blesteran yang masih sangat kanak-kanak dan super aktif hanya memikirkan kesenangan untuk menghilangkan segala rasa bosan. Aktivitas yang dilakukannya hanyalah bermain-main. Dari auranya nampak dia adalah orang super tajir... tentu saja dia memiliki limosin dan pengawal pribadi. Ia mampu mengungkapkan apa pun tanpa rasa malu dan sungkan,

Manis dan Gurih
Aku tidak tahu apakah iini romcom atau bukan (meskipun aku akan mengatakan ini bukan romcom), walaupun ada sisi romance tapi tetap saja yang ditonjolkan adalah sisi komedi dan romance sebagai bubuk pemanis yang ada sudah pas, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit juga.



Ya, untuk kali ini aku tidak menggunakan gambar cover komik, melainkan berita komik ini akan dibuatkan versi animenya. Kalian bisa melihatnya di twitter. Apakah aku akan menonton anime-nya nanti? Tidak tahu juga, biasanya aku tidak akan menonton bila sudah membaca komik tersebut namun yah lihat saja nanti, apakah ikut ngehype, ramai yang nonton dan bagaimana mood diriku (tertarik untuk nonton juga atau tidak).

No comments:

Post a Comment

 

Autumn 2015 Anime Chart

【Autumn 2015 Anime Chart】
For other info, click here.
For its hashtags, click here.

Featured Video


Random Posts