April 18, 2016

Invisible, Inc.

Kebiasaan buruk langsung memainkan game tanpa mencari tahu sedikitpun tentang game yang akan dimainkan. Dan saat baru memulai memainkan Invisible, Inc. (ditulis Invi؟ible, Inc.) aku langsung memainkannya tanpa melihat tutorial dan memilih difficulty normal/experienced, ditambah lagi aku skip semua bacaan. Hasilnya apa? Gagal total, engga mengerti harus ngapain.


Invisible, Inc.

Game ciptaan Klei Entertainment ini harus memutarkan otak agar bisa menyelesaikan misi yang ada. Setelah mencoba menjalankan tutorial aku langsung mencoba difficulty beginner dengan sedikit custom, yaitu; Guards Spawned: Normal, Alarm Stages: Normal dan Daemon Quantity: Normal. Tentunya aku gagal lagi kewalahan menghadapi semua penjaga.

Incognito
Pada tahun 2074 perusahaan penguasa dunia menyerang The Agency, perusahaan badan intelijen swasta (yang sepertinya mengincar Incognita, Super AI yang memiliki kepintaran tinggi). Kini Central sedang masa pelarian akan menghajar balik mereka namun tanpa adanya informasi dan kekuatan balas dendam tak mungkin dilakukan. Incognita berhasil dijaga oleh Central namun ia hanya mampu bertahan 72 jam bila diluar dari supercomputer. Central menghubungi semua agen, yang aktif maupun sudah pensiun, untuk menghidupkan kembali Incognita.

Setelah melihat pembukaan dari game ini, pemain bebas memilih 2 agen untuk menjalankan misi. Awalnya hanya tersedia Decker yang mampu cloacking dari penglihatan musuh (item yang dia bawa dari awal) dan Internationale yang mampu hacking dari jauh. Aku sengaja meningkatkan sedikit EXP terlebih dahulu untuk membuka Banks yang mampu membuka pintu keamanan level 1 tanpa menggunakan kartu akses penjaga. Dalam waktu 72 jam, Operator (agen) harus mengumpulkan informasi dimana lokasi Omni Mainframe. Tepatnya dalam waktu 72 jam ini pemain memilih lokasi yang akan dituju, misalnya ke Xianjing membutuhkan waktu 10 jam perjalanan, ke Thunder Bay membutuhkan waktu 8 jam dan berbagai tempat lainnya (aku lupa sih nama tempatnya mana aja). Dan menyelesaikan Main Objectives seperti; hacking sistem, curi site map dari penjaga, cari tahu penjaga dan sebagainya, namun main objective kedua dan yang terpenting (biasanya) keluar dari sana hidup-hidup. Apa yang pemain dapatkan dari menjalankan misi? Credits, yang nantinya keuangan ini bisa dipergunakan untuk meningkatkan kemampuan operator, membeli peralatan untuk operator dan meningkatkan kemampuan Incognita. Transaksi pembelian bisa melalui Monst3r namun bisa juga dilapangan dengan meng-hacking komputer tertentu.

Langkah Kecil
Berhubungan ini game turn-based tactics, pasti yang harus dilakukan adalah bergerak sejauh mungkin hingga menghabiskan action point atau karena ini merupakan game stealth hingga bisa ketempat bersembunyi. Problem-nya adalah ketika pemain sudah memutuskan untuk bergerak maka ia tidak dapat mengulangi langkah bergeraknya. Misalnya apabila di Disgaea kamu bisa mengulangi langkah karakternya tetapi disini tidak, sebenarnya bisa dengan menekan tombol Rewind, namun rewind ini pemakaiannya terbatas (tergantung kamu men-setting-nya sebelum bermain, malah bisa dinonaktifkan fitur ini) selain itu tombol ini sebenarnya mengulang semua gerakan karakter sampai dimana karakter tersebut aman. Jadi dua poin yang wajib diingat adalah: turn-based tactics dan stealth.

Dan pemain juga harus jeli melihat pergerakan karakter. Misalnya karakter ini akan menuju ke kordinat disana, eits rute mana yang akan dia ambil melewati depan penjaga atau mengekori penjaga. Tentunya kalo pemain tidak teliti bisa-bisa karakternya lewat depan penjaga dan di next turn langsung ditembak mati. Sebenarnya ada beberapa pilihan seperti, Cloaking, Fast Running atau Kill (Shoot) tapi itu juga tergantung dengan peralatan dan/atau kemampuan yang dimiliki operator. Aku juga pernah melakukan kesalahan tersebut 1-2 kali, dengan sangat tidak menyenangkan aku harus menekan tombol rewind.

Baiklah, bagaimana kalo pemain membuat pingsan penjaga saja? Ya ini salah satu hal basic di permainan untuk mencuri sesuatu dari penjaga atau mengecoh penjaga, walaupun mengecoh penjaga bisa dilakukan juga membuka pintu tertentu (tapi hal ini agak risk-an apalagi kalo action point pemain sudah habis atau electroshock-nya belum bisa digunakan lagi). Sayangnya membuat pingsan menjaga akan membuat ia semakin waspada ketika ia telah terbangun sadar diri nantinya. Opsi lain, membunuhnya. Lagi-lagi membunuhnya adalah hal yang paling risk-an, bisa langsung meningkatkan keamanan secara drastis.

Yang namanya melakukan pencurian tidak baik berlama-lama di tempat kejadian perkara. Karena tiap turn-nya keamanan disana makin ketat yang nantinya berujung pada penjaga semakin lincah dan waspada dan jumlah penjaga semakin bertambah. Yang lebih menyebalkan lagi terkadang, bangunannya luas sekali dan sudah di-turn sekian, dimana level keamanan makin ketat pemain belum menemukan juga jalan keluar.

Kasus lainnya yang tidak aneh dilakukan saat pertama-tama adalah dengan pede dan nekatnya langsung membuka pintu. Siap-siap saja akan langsung dihadang oleh penjaga. Oke, action point-ku masih banyak, electroshock siap digunakan untuk menyergap penjaga, aku sudah mengintip dan membuka pintu agar begitu ia datang kemari langsung kukejutkan. Namun apa, ternyata penjaganya berzirah lengkap yang tidak bisa dirobohkan dengan electroshock, sial!

Berbicara tentang penjaga, penjaga disini tidak hanya manusia tapi ada juga Drone yang jarak melangkahnya lebih jauh dan penglihatannya lebih tajam. Menyebalkan dari drone ini tentunya pemain tidak bisa merobohkan benda tersebut dengan electroshock.

Ah aku ada ide, bagaimana kalo sengaja kalah/mengundurkan diri saja dan retry level atau hari tersebut, toh aku juga sudah hapal struktur bangunan disitu serta bagaimana kewaspadaan penjagaannya. Tapi apa, begitu pemain mengulang ternyata bentuk bangunannya sudah berubah drastis, jalannya menuju exit sudah berubah dan jumlah, kewaspadaan dan atribut zirah penjaga juga sudah berbeda. Yap, bagaikan Tartarus di Persona 3.

Jadi banyak yang dipikirkan dalam memainkan ini.

Meretas Menetas
Sudahi dulu membicarakan langkah dan penjaga, selanjutnya adalah hacking. Benda yang bisa di-hacking (dengan Incognita) bermacam-macam, CCTV, server, komputer, power supply dan drone. Mungkin diawal-awal pemain bisa meng-hack semua benda disitu, namun kedepannya dimana permainan semakin menantang pemain di-push untuk meng-hack benda seperlunya saja. Mengapa begitu, untuk hacking dengan Incognita harus menggunakan power dan mengumpulkan poin power ini agak sulit. Ah padahal pemain ingin mendapatkan uang tambahan selain dari mencuri. Tapi ya beginilah, apalagi CCTV dan drone walaupun sudah di-hack kedua benda ini bisa rebooting di turn nantinya dan kembali aktif lagi. Oh ayolah, merobohkan  drone tidak semudah merobohkan penjaga (yang dalam keadaan pingsang masih bisa pemain kejutkan lagi atau suntik pil tidur agar semakin lama bangun).

Apabila ada hardware yang menunjukan daemon tidak diketahui operatos harus meng-scan-nya terlebih dahulu untuk mengetahui daemon apa yang ter-install dalam hardware tersebut. Daemon disini adalah efek buruk ketika pemain meng-hack benda disitu, misalnya pemain hacking deteksi suara (yang mempunyai daemon) selama 4 turn kedepannya jumlah action point semua karakter berkurang 2 poin atau menyerap 3 power Incognita.

Invisible, Inc.

Pemain terus disuguhi untuk bermain cerdas, jujur saja begitu menjelang di akhir-akhir permainan aku semakin jarang membuat pingsan penjaga (mencuri tetap untuk mendapatkan item dan credits). Dan mencuri barang semakin jarang kulakukan juga karena bila karakter overload membawa barang action point-nya akan berkurang. Meskipun aku menulis Invisible, Inc. bagaikan game yang sulit sekali tapi daya tarik dalam game ini membuat aku ketagihan, terus mengulang, dan sebenarnya permainan cukup simple, selesaikan objectives lalu kabur. Walaupun aku sering tertukar antara power supply dengan hardware biasa, jadi begitu hacking dilaksanakan pintu atau sensor keamanan belum hilang, duh.

Awalnya aku berpikir bila bergerak diagonal itu akan memakan 2 action point tetapi tidak ternyata 8 arah mata angin dihitungnya hanya satu poin. Menyisihkan action point itu perlu dilakukan beberapakali, terkadang aku lupa untuk peek dan predict kemana penjaga akan berkeliling.

Sebenarnya aku ingin sekali menggunakan Shalem operator sekaligus sharpshooter tapi dulu aku sempat menggunakan dia dan susah sekali mendapatkan peluru untuk senapannya, begitu pelurunya habis senapan laras panjangnya hanya menjadi pajangan yang dipegang dan dibawa terus, mau bagaimana lagi sudah tidak ada peluru berarti sudah tidak berfungsi. Salah satu alat kegemaranku adalah T.A.G. pistol sehingga bisa mengetahui pergerakan penjaga yang dihinggapi peluru dari pistol ini.

No comments:

Post a Comment

 

Autumn 2015 Anime Chart

【Autumn 2015 Anime Chart】
For other info, click here.
For its hashtags, click here.

Featured Video


Random Posts