March 28, 2014

Far Cry 3

Sebenarnya aku sudah menyelesaikan game ini dari bulan lalu hanya saja aku menamatkannya lagi baru minggu ini untuk melihat ending keduanya dan agak telat juga memainkannya baru tahun ini, sedangkan saja Far Cry 3 rilis pada 29 November 2012. Orang sepertiku agak jarang memainkan tipe FPS agak kagok sebenarnya makanya butuh sedikit waktu untuk membiasakan diri. Kagum dengan Ubisoft, grafis yang ditampilkan epik dan pulau yang disajikan utopia sekali pemandangannya. Tidak kaget kalo Eurogamer bisa memberikan perfect score untuk game ini dan tentunya ini membuahkan hasil memenangkan penghargaan di British Academy Video Games Awards pada kategori Action, National Academy of Video Game Trade Reviewers Awards pada kategori 3D Control Design dan Technical Graphics, Game Developers Choice Awards pada kategori Best Technology, Game Audio Network Guild Awards pada kategori Best Dialogue dan Best Audio Mix serta di Golden Joystick Awards pada kategori Best Gaming Moment.

Untuk latar tempat pulau aku perkirakan di suatu pulau sekitar Sumatra, antara Samudera Hindia dan Samudra Pasifik. Mengapa aku katakan di pulau Sumatra dikarenakan ada Macan Sumatra dan beberapa istilah atau kalimat Indonesia (atau melayu?) ada dalam dialog game ini, seperti; Rakyat, Turunkan Senjata (seingatku dalam subtitle-nya tertulis Senjakhta Bawah), Cinta untuk anak-anak rakyat dan lain-lain. Bisa saja mengambil latar di Sumatra karena ada staff orang Indonesia dalam pembuatan game ini, yah ini bisa masuk dalam kemungkinan juga kan (aku sudah melihat credits-nya hingga selesai tapi aku tak begitu tahu banyak tentang staff mereka).



Bajak Laut
Jason Brody, yang sedang berlibur dengan saudara dan kawan-kawannya untuk merayakan berbagai kesuksesan mereka yang telah dicapai. Tapi siapa sangka ditengah-tengah kebahagiaan tersebut mereka malah melandas di pulau yang telah dijajah oleh bajak laut. Nasib naas menimpa mereka semua, Vaas yang merupakan ketua dari bajak laut tersebut ingin memeras mereka dan menjualnya ke perbudakan. Jason yang ditahan satu kandang (maksudku benar-benar kandang hewan disini, bukan sel penjara berjeruji besi) dengan kakaknya Grant ada sedikit kesempatan untuk kabur. Grant menyuruh Jason menarik perhatian dari penjaga disitu yang nantinya akan diurus Grant. Berhasil mengendap-endap, mengambil beberapa alat seperti tablet, handphone, peta dan membunuh beberapa penjaga Jason mengalami sedikit ketegangan karena ia dihadapi dengan situasi hidup atau mati. Saat ingin merencanakan penyelamatan Vaas yang mengetahui ini langsung menembak mati Grant, dan karena ia sedikit mengalami kebosanan ia memberi Jason waktu 30 detik untuk kabur dari segala kejaran anjing dan bawahannya. Mengalami banyak kesulitan dan ajal hampir menjemputnya, Jason terjatuh dari jembatan kayu yang ditembaki helikopter dan ia tenggelam terbawa arus sungai.

Jason berhasil selamat dari kejaran bajak laut tersebut dan tertolong oleh Dennis, Jason menanyakan apakah Dennis ada di pihaknya atau bukan. Tetapi Dennis hanya menjawab nasib itu Jason yang menentukan ia sendiri, Dennis hanya membebaskannya. Jason diberi suatu tanda yang disebut Tatau (tato di tangan) agar dapat masuk ke perdesaan pribumi disitu. Entah diperbudak Dennis atau tidak, tapi cara yang diberikan Dennis tidak sepenuhnya salah. Untuk menyelamatkan teman-teman Jason akan lebih mudah untuk mengalahkan bajak laut dulu. Hal ini membuat Jason bergabung dengan para Rakyat dan memperjuangkan nasib para Rakyat.

Dan siapa sangka ternyata Jason memiliki potensi untuk menjadi prajurit dan ia diundang oleh Citra, pemimpin dari para Rakyat yang sekaligus ia menyebutkan dirinya adalah dewi perang ke kuilnya.

Grand Theft Auto: Monster Hunter
Mengingat game ini memiliki tema open world dan survival otomatis dua hal yang ada dipikiranku langsung ke GTA dan Monster Hunter. Pertama karena sangat bebas, dalam ketidaksengajaan kamu juga dapat menyerang kawan untuk sekedar iseng saja (karena kawan tidak pernah membawa uang yang banyak sehingga percuma saja merampok mereka). Kedua disebabkan oleh alam liar, ya disini ada hutan, danau, air terjun dan masih banyak lagi. Untuk eksplorasi pulau ini juga ada banyak kendaraan dan alat, misalnya boat dive dan parasut. Hiu, ubur-ubur, penyu, kura-kura, buaya, beruang, panther, komodo, rusa, kambing, sapi, ayam, burung, monyet, tapir dan banyak hewan lainnya ada disini dengan tempat yang berbagai macam seperti laut, sungai dan hutan. Makhluk tersebut dapat dibunuh dan mungkin bisa dikatakan harus dibunuh untuk membuat peralatan yang kamu butuhkan atau menjual kulitnya untuk mendapatkan uang (mengingat dalam game ini yang menjadi kesulitan utama adalah uang).

Senjata yang dihadirkan juga banyak, cara mendapatkannya bisa mematikan sinyal menara atau membelinya (tapi kusarankan untuk mematikan sinyal saja karena sekali-lagi mengumpulkan uang disini sulit). Untuk senjata khusus bisa didapatkan dengan syarat-syarat tertentu, seperti mengumpulkan surat Perang Dunia Kedua dan menemukan berbagai patung pusaka. Side Mission disini juga banyak sehingga saat kamu mengalami kejenuhan disini kamu bisa memainkan sedikit side mission-nya.

Kegemaranku dalam game ini adalah mode stealth dan ranjau. Bosan dengan tipe menyerbu markas musuh ala Rambo, kamu bisa membunuh ala ninja seperti menerkam musuh dari belakang dengan pisau atau sniper musuh dari kejauhan. Untuk menerkam musuh dengan pisau kamu harus melatih dirimu dengan membodohi musuh dengan batu, sedangkan untuk sniper sebenarnya cukup mudah bila kamu sudah memberi peredam suara dan kekeran atau scope teropong senapan untuk menambah jangkauan menembakmu. Berbagai cara dan rintangan dengan sniper bisa kamu nikmati dan pilih tantang mana yang kamu sukai. Menembak musuh dari tebing ketinggian, hit and run atau mengendap-endap di rerumputan dan balik pohon. Bahkan kalo kamu merasa sudah mastering dalam sniper kamu bisa mencobanya menggunakan Dragunov SVD (yang merupakan sniper paling rendah disini) tanpa attachment apa pun sehingga masih menghasilkan suara yang kencang dan kamu harus membuat taktik sendiri. Untuk detail caranya bisa baca disini.

Pak Tani
Bug menyebalkan dalam game ini adalah menghapus save data-mu, entah karena punyaku versi Pak Tani (aku mendapatkannya dari teman yang download dari internet) atau bukan tapi setelah kubaca berbagai forum emang ada bug seperti ini. Aku sudah tiga kali kehilangan save data dan untungnya itu masih diawal-awal. Setelah kuteliti dan membaca instruksi pada forum yang berbeda-beda caranya maka aku menyimpulkan untuk tidak connect ke internet saat memainkan game ini dan benar, save data-ku tidak menghilang. Aku sudah mencoba berbagai instruksi dan cara yang diberikan oleh forum tapi itu semua tidak berjalan dan aku berasumsi bahwa penyebabnya adalah U-Play yang mendeteksi dan menghapus save data-mu.

Bad Ending
Cerita yang bagus dan tragis tapi ending-nya juga tragis. Kalo boleh kukatan tidak ada good ending. Spoiler saja disini, emang ditengah cerita Jason sempat seperti psikopat karena tertawa dengan puas saat membunuh musuh dan menanyakan pada temannya apakah membunuh seseorang itu menjadi tujuan sekarang atau bukan, apakah membunuh dan balas dendam ke musuh bisa disamakan dengan memenangkan piala oscar atau tidak (kira-kira seperti ini pertanyaannya).

Saat di akhir cerita ternyata Citra menyukai Jason diberi pilihan untuk menyelamatkan teman-temannya dan menjalani kehidupan yang bosan seperti biasa atau menjadi pemimpin para Rakyat dan menjadi prajurit sejati (tebakanku benar, Citra menyukai Jason karena memiliki potensi besar). Bila kamu memilih opsi yang pertama, Citra mempersuasimu sekali lagi dengan kalimat sedikit memaksa namun Jason mengatakan sudah cukup menjadi orang yang haus darah dan membiarkan kemarahan merasuki dirinya. Dennis yang diselamatkan dan mengagumi Citra sangat kecewa karena Jason ternyata menolak dan Dennis hendak menusuk Jason tetapi Citra melindungi dan mengatakan,"Aku cinta padamu" pada Jason. Dennis sangat menyesal dengan perbuatannya dan Citra mati oleh tangan Dennis. Jason dan kawan-kawannya pergi dengan kapal yang diperbaiki oleh temannya. Apabila kamu memilih opsi kedua maka kamu mengikuti perintah Citra untuk membunuh teman-temanmu dan kamu akan senggama dengan Citra. Tapi ternyata Citra hanya memanfaatkanmu, ia hanya menginginkan benih dari Jason dan membunuh Jason. Citra mengatakan bahwa anak-anak dari mereka nantinya akan menjadi pemimpin selanjutnya untuk para Rakyat.

No comments:

Post a Comment

 

Autumn 2015 Anime Chart

【Autumn 2015 Anime Chart】
For other info, click here.
For its hashtags, click here.

Featured Video


Random Posts