May 4, 2014

A Shy Girl in Love

Salah satu komik yang diterbitkan oleh M&C! A Shy Girl in Love (ひよ恋; Hiyokoi) ditulis oleh Moe Yukimaru yang merupakan komik pertamanya yang berseri dan panjang (sebelumnya komiknya tamat hanya dengan satu jilid dan ia mengatakan di perkenalan hanya mempunyai pengalaman 3 volume). Moe juga berkerja sebagai asisten Haruta Nana (Stardust★Wink, Love-Berrish! dan Saboten no Himitsu).

Ketika melihat komik ini sudah terlihat keunikan dari tokohnya di cover-nya, memiliki tinggi badan yang sangat jauh berbeda. Secara tak langsung ingat dengan doujin Tall + Short buatan Kitakawa Touta, karya lepas yang berjudul Love♡Petit yang disisipkan pada komik I Believe in You (atau yang memiliki udul asli Kanojo wa Aitsu no Osumitsuki) juga menceritakan percintaan yang tokohnya memilikinya tinggi badan yang jauh berbeda pula. Di Love♡Petit tinggi badan mereka sejauh 30 cm cowoknya lebih tinggi, dan pula ia jahil sedangkan di Tall + Short ceweknya yang lebih tinggi daripada cowok.

Anak Ayam
Karena suatu kecelakaan yang menimpanya saat hari pertamanya sekolah Hiyori Nishimaya baru dapat mengikuti sekolah baru ini. Menjadi kecanggungan sendiri dan tampak seperti murid baru ia harus memperkenalkan dirinya di depan kelas. Hiyori yang amat sangat pemalu malah ngumpet di bawah meja guru dan saat ia dipersilakan lagi untuk perkenalan Yuushin Hirose baru datang membuka pintu kelas, membuat ucapan Hiyori terpotong. Sungguh mengejutkan Yuushin memiliki tinggi badan 190 cm sedangkan Hiyori hanya 140 cm mereka berdua berdiri di depan kelas seperti duet komedi besar kecil. Untungnya Hiyori masih sekelas dengan sahabat dari masa kecilnya Ritsuka Nakano sehingga masih memiliki teman. Entah apa yang dipikirkan oleh Yuushin ia terus melihat Hiyori, ketika ia ditanya Yuushin hanya heran ada murid SMA yang microsize (padahal ia juga raksasa). Yuushin juga mengatakan bahwa Hiyori mirip anak ayam (dalam bahasa jepang hiyoko).

Hiyori dan Yuushin duduk sebelahan di paling belakang (karena Yuushin terlalu besar bisa menutupi murid yang lain dan karena Hiyori telat masuk ia mendapatkan kursi paling belakang) menjadi pusat perhatian tersendiri. Yuushin yang selalu tidur mendengkur sepanjang pelajaran membuat Hiyori terganggu dan emang sifat Yuushin yang mudah berteman dengan siapa saja ia juga memperlakukan Hiyori dengan akrab. Karena sifat inilah Yuushin populer dan mengakibatkan orang-orang disekitar Yuushin mengobrol dengan Hiyori pula.

Ritsuka yang menjadi orang satu-satunya yang dapat berbicara dengan Hiyori mengatakan mungkin inilah saat yang tepat untuk menghilangkan sifat pemalu dalam dirinya. Ia juga menambahkan meskipun mereka selalu bersama sejak playgroup tapi bisa saja mereka terpisah karena bisa saja suka dengan cowok (karena sudah SMA). "Kalau berteman saja takut, gimana mau jatuh cinta!?" lanjut dari Ritsuka sambil terus mendukung Hiyori.

Jam makan siang berakhir, Ritsuka dan Hiyori kembali ke kelas dan Yuushin langsung menyapanya dengan nama panggilan Hiyorin darinya. Pelajaran selanjutnya Hiyori lupa membawa buku cetak, Yuushin yang tidak membawa juga langsung  merampas buku teman sebelahnya. Alhasil Yuushin dan Hiyori duduk berdua berdekatan saling berbagi buku cetak, tapi Yuushin yang tidak serius dalam pelajaran malah ngobrol santai dan bercanda dengan Hiyori. Guru yang sedang mengajar tentunya menegur mereka berdua. Yuushin sedikit terkejut ternyata Hiyori bisa tertawa dengannya, ia kira Hiyori hanya bisa tertawa dengan Ritsuka. Perhatian dari Yuushin membuat Hiyori kagum dengannya. Yuushin menyuruh Hiyori untuk sering-sering tertawa (dan tersenyum) karena akan membawa efek bagus, ini adalah Teori Yuushin.

Lumayan capek hari pertama sekolahnya, Hiyori hendak pulang sendiri karena Ritsuka ada ekskul. Yuushin yang tidak sengaja melihat Hiyori langsung tersenyum padanya. Hiyori pun teringat akan Teori Yuushin dan Yuushin menyapa untuk pulang.

Kejadian Memalukan
Hiyori dan Yuushin bertugas untuk piket hari ini. Hiyori hendak memberi tahu hal ini tapi Yuushin yang baru datang langsung diajak mengobrol dengan murid yang lainnya lalu tertidur begitu saja. Hiyori pasrah saja dan menuliskan laporan kelas hari ini. Guru yang datang melihat papan tulis belom dihapus, Hiyori bergegas minta maaf. Yuushin yang tidak tahu apa-apa hanya mengatakan semangat ke Hiyori.

Ditengah kebingungan bagaimana caranya memberitahu ke Yuushin bahwa mereka piket bareng, saat Hiyori sedang menghapus papan ternyata roknya terlipat dan terlihat dengan jelas celana wol bergambar anak ayam sebagai motif belakangnya. Beberapa siswi mencoba menenangkan Hiyori tapi Yuushin malah keceplosan tertawa lepas padahal Hiyori malu setengah mati.

Hiyori lari menangis keluar kelas dan mengatakan kalau Yuushin juga piket seharusnya. Semua murid mencari Hiyori yang ngumpet entah dimana. Yuushin mencari Hiyori, Hiyori yang mendengar suara Yuushin mengatakan mungkin sebaiknya ia tak perlu bersekolah karena Hiyori bukanlah orang seperti Yuushin yang bisa gampang melupakan semuanya dengan tawa dan senyuman. Mendengar ucapan tersebut Yuushin kecewa karena sebenarnya Yuushin senang ada yang duduk disebelahnya dan mengatakan seharusnya Hiyori bilang juga kalau mereka berdua piket. Ternyata Hiyori mengumpat di suatu lemari kecil dan mengukapkan semakin waktu berlalu ia semakin takut ke kelas. Yushin bilang,"Ketakutanmu itu karena kamu tidak tahu makanya kamu takut atau karena kamu tahu makanya takut? Kalau karena tidak tahu, kan tinggal cari tahu saja..." sambil tersenyum dan mengelap tangisan Hiyori.

Semua murid berkumpul setelah menemukan Hiyori, tapi Yuushin yang malas kembali ke kelas mencetuskan untuk bermain diluar. Dan pas sekali salju turun, mereka semua bolos dan bermain bersama. Ini merupakan pertama kalinya Hiyori bolos dan tertawa sekeras mungkin.

Dan akhirnya Hiyori sadar, kini ia telah menemukan seseorang yang disukai.

Masa SMA Yang Paling Menyenangkan
Salah satu hari-hari yang paling indah yang dialami oleh semua orang (aku mendadak teringat lagu almarhum Chrisye jadinya). Moe menggambarkan dengan hebat dan saat membacanya aku mendapatkan atmosfir dari komik ini. Semua tokoh terlibat, beraksi, berbicara dan saling berinteraksi dengan yang lainnya, maksudku figuran disini terus ditampilkan untuk mengisi suasana yang terjadi. Banyak tokoh (tepatnya figuran) digambarkan oleh Moe yang tidak hanya untuk mengisi latar saja, tapi untuk melengkapkan dialog percakapan yang ada. Sehingga "was wes wos" atau kerumunan dikelas (dan lingkungan lainnya) dapat dirasakan. Menyapa murid lain, ngobrol dengan teman dari kelas yang berbeda, sekumpulan murid yang saling berbicara dalam kelas (aku engga mau mengatakan geng di kelas karena situasinya berbeda). Percakapan natural yang terjadi sehari-hari, keramaian saat berkumpul dan/atau diskusi bersama, tertawa bersama dengan hangat dan semuanya ada. Efek gambar (arisan garis, tone dot dan lain-lain) berserta SFX yang dituliskan secara detil juga semakin menyempurnakan tiap adegan yang terlewatkan. Dan tentunya salut oleh M&C! bisa men-translate-kan bahasa muda saat kini disini.

Adaptasi Anime
Ternyata komik ini pernah diangkat menjadi sebuah OVA 1 episode berdurasi kurang lebih 22 menit oleh Production I.G pada 30 Juli 2010 dan mengambil dua chapter awal dari jilid pertama. Naganuma Norihiko (Kimi ni Todoke, Hoozuki no Reitetsu dan Blood-C: The Last Dark) sebagai sutradara dan Shibata Yuka (Kimi ni Todoke, Magical Sisters Yoyo & Nene dan Grrl Power) mendesain karakternya serta Iwanami Yoshikazu (Cencoroll, 11eyes, Oh! My Goddess, YAT Anshin! Uchuu Ryokou dan Gakuen Alice) menangani sound.. Lalu pada Desember 2012 juga TV Tokyo menayangkan anime-nya kembali dengan total 3 episode yang berdurasi masing-masing 2 menit sebagai bagian dari Ribon x Oha Suta specials. Seiyuu-nya juga berbeda, pada 2010 Ayana Taketatsu (Azusa Nakano di K-ON! series, Ayumi Takahara di The World God Only Knows dan Kousaka Kirino di My Little Sister Can't Be This Cute) memerankan Hiyori dan Kenichi Suzumura (Kokutou Mikiya di Kara no Kyoukai, Dietrich von Lohengrin di Trinity Blood dan Shirou Kamui di X) memerankan Yuushin sedangkan pada 2012 Hiyori disuarakan oleh Iori Nomizu (Yoshino di Date A Live, Haruna di Kore wa Zombie Desu ka? dan Nymph di Sora no Otoshimono) dan Yuushin disuarakan oleh Yuuki Ono (Kagami Taiga di Kuroko no Basket, Inada Shinichirou di Gin no Saji dan Moral di Hamatora The Animation). Aku belum menonton sama sekali anime-nya dan setahuku tidak ada fansub english yang men-translate.



Pertama kali rilis pada 2009 dan di negara asalnya sudah mencapai jilid 10. Banyak hal yang menarik di komik ini dari peran utama yang cengeng dan amat sangat pemalu (terlihat pendiam juga), hubungan antara mereka berdua dan diceritakan dengan nyaman. Pembaca akan mudah terbawa dengan keadaan yang ada di komik ini. Para tokoh digambarkan dengan detil juga menjadi aspek yang patut menjadi perhatian utama pula. Menjadi salah satu komik yang pantas untuk dibaca dan dikoleksi.

No comments:

Post a Comment

 

Autumn 2015 Anime Chart

【Autumn 2015 Anime Chart】
For other info, click here.
For its hashtags, click here.

Featured Video


Random Posts