May 10, 2014

Nisekoi (TV)

Rasa senang dan kecewa menjadi satu ketika akhirnya Nisekoi (ニセコイ; Fake Love) tayang anime-nya tapi sayangnya mesti berkutat dengan animasi yang dibuatkan oleh SHAFT. Gembira saat melihat salah satu manga yang sedang naik daun diadaptasi dan disaat yang bersamaan ketika melihat animasinya seperti itu.

Nisekoi adalah karya Naoshi Komi (AppleWilliamsPersonantKoi no Kami-sama dan Double Arts) yang rilis pada 2011 di Shuukan Shounen Jump (Shueisha) dan telah rilis english-nya oleh Viz Media. Berawal dari one-shot yang berjudul sama dengan tema romantic comedy (rom-com) dan mafia gangster yang hingga kini sudah 12 volume di negeri asalnya. Anime-nya telah tayang dari 11 Januari 2014 dan kebagian 22 episode.

Jujur, aku sendiri jarang menonton kartun buatan SHAFT, misalnya Hidamari Sketch•REC dan ef series. Ya, hanya itu saja! Bahkan aku tidak menonton Bakemonogatari (atau Monogatari) series dan Puella Magi Madoka Magica yang tampaknya masterpiece bagi orang-orang dan menjadi sebuah acuan bahwa anime dari SHAFT itu layak dan patut ditonton. Mungkin untuk Madoka aku akan bilang belum menontonnya dan mungkin akan kutonton suatu saat nanti (mengingat manga-nya juga sudah dilokalkan oleh Elex Media Komputindo) tapi untuk seri Monogatari sepertinya tidak karena serinya panjang sekali (sebut saja Hyakumonogatari, Nisemonogatari, Nekomonogatari, Hanamonogatari, dan Kizumonogatari juga Light Novel-nya sudah 17 volume dan masih ongoing). Aku bukanlah orang yang kuat mengikuti cerita panjang, terkecuali aku sudah mengikutinya dari saat masih awal keluar terkadang pun aku berhenti mengikutinya bila tak berujung tamat dan mencapai titik kejenuhan.

Gembok Hati
Ichijou Raku, seorang anak dari keluarga Yakuza besar yang bernama Shuei-gumi. Karena tidak ingin mewarisi bisnis keluarganya, Raku lebih memilih karir yang lain misalnya seorang PNS. Kedatangannya disekolah membuat beberapa murid ketakutan dikarenakan Raku diantar oleh segombrolan Yakuza. Dan pertemuan tak terduga terjadi, Raku bertemu dengan Kirisaki Chitoge murid baru yang sedang melompati dinding sekolah dan lututnya tepat mengenai wajah Raku. Sampai dikelas dengan hidung berdarah, membuat teman-temannya bertanya. Onodera Kosaki teman dari SMP mengkhawatirkan kondisi Raku dan memberi band aid dan yang lebih mengejutkannya ia menempelkannya secara langsung hingga membuat Raku berdetak kencang. Sebenarnya Raku dan Onodera crush saling menyukai dari SMP, tapi entah kenapa mereka berdua hingga kini belum jadian juga (antara Onodera yang malu untuk mengutarakannya atau Raku yang belum juga mengambil langkahnya). Hal mengejutkan lainnya terjadi, ternyata Chitoge sekelas dengan Raku dan mereka membuat dikelas sebentar. Raku merasa sial sekali dan ia sadar ternyata liontin yang merupakan barang berharga, sepeninggalan masa kecilnya, hilang karena kejadian tadi pagi yang disebabkan oleh Chitoge. Hal ini membuat mereka saling membenci satu sama lain.

Sepulang sekolah, sampai dirumah masih dikejutkan dengan hal lain, Raku harus berpacaran dengan anak orang yaitu Chitoge agar perselisihan antara gangster dan yakuza mereda. Sebenarnya para ketua ini (bapaknya Raku dan Chitoge) adalah teman baik namun para anak buahnya tak memahami situasi tersebut dan bisa membuat perang di kota. Jalan untuk menyelesaikan perseturuan ini dengan membuat anaknya berpasangan. Keduanya tidak setuju awalnya karena mereka saling membenci, namun ayahnya mengatakan hanya untuk tiga tahun kedepan agar tak ada masalah yang terjadi. Tetap bersikeras tidak setuju, tapi setelah melihat situasi sebenarnya akhirnya mereka sepakat untuk menjalankan cinta palsu ini.

Sulit sebenarnya menjalankan tugas seperti ini, karena berdasarkan kebencian, lalu ia juga sebenarnya masih naksir Onodera dan Raku masih memegang janji dengan gadis 10 tahun yang lalu yang fotonya terkunci di liontin tersebut (kuncinya dipegang oleh gadis itu) meskipun Raku melupakan sebagian besar momen penting masa kecilnya (termasuk membuat janji dengan siapa dan apakah gadis itu masih memegang janji tersebut atau tidak). Berbagai perkembangan cerita, Chitoge tanpa sadar ikut menyukai Raku karena kebaikannya tapi situasi yang berkembang menjadi semakin rumit juga ketika Tsugumi Seishirou, pengawal pribadi Chitoge yang super-protektif sekelas dengannya (walaupun sebenarnya ia juga jatuh cinta dengannya karena Raku selalu memuji Tsugumi secara spontan), lalu Raku harus bertunangan dengan Tachibana Marika anak dari seorang komisaris polisi untuk meredakan masalah yakuza (padahal Raku saja masih berpacaran dengan Chitoge) dan Marika juga menyukai Raku dan terakhir Kanakura Yui pemimpin mafia china kembali datang ke Jepang.

Dapatkah Raku menemukan siapa pemegang kunci dari liontin ini, apakah ia berhasil menemukan cinta sejatinya?

Princess Key
Beberapa tokoh yang terperangkap dari cinta rumit ini:

  • Onodera Kosaki: Gadis pemalu yang sudah menyukai Raku dari SMP. Gadis yang berpikir cermat sebelum bertindak, baik hati dan bijaksana. Tapi teman baik Miyamoto Ruri suka tidak tahan melihat Onondera yang tidak mengambil langkah juga, jadi ia sering membuat situasi. Ia menyukai Raku karena kepedulian dan kebaikannya, tapi keduanya meskipun saling menyukai malah mencoba untuk tidak saling menunjukkan perasaan mereka. Onodera juga menjadi teman baik Chitoge disekolahnya. Meskipun keluarga Onodera menjalankan toko dessert, tapi ia benar-benar payah dalam memasak.
  • Kirisaki Chitoge: Gadis Jepang-Amerika yang kasar terhadap Raku adalah anak dari seorang gangster. Gadis atletis nan cerdas serta bahasa Jepang-nya yang fluent sebenarnya agak pelupa, agresif dan tangan ringan (terlihat Raku sering babak belur oleh Chitoge karena tersinggung). Sosok sebenarnya adalah ia sangat cerewet dan ramah, tapi karena kondisinya yang merupakan anak dari kepala gangster dan Claude, salah satu ketua gangster yang over-protective sering membuat ia bingung harus bertindak apa dalam situasi tersebut (hal ini membuat dirinya sulit menjalin teman). Lambat laun ia melihat sosok Raku yang baik hati dan kebenciannya berubah menjadi cinta (FTV banget yah kedengarannya).
  • Tachibana Marika: Tunangan Raku yang merupakan anak seorang komisaris polisi (dan bapaknya over-protective juga) adalah yang paling menonjol dalam mengekspresikan cintanya ke Raku. Ia yang pindah sekolah dan sekelas dengan Raku membuat Chitoge makin cemburu melihat kelakuannya seperti itu. Marika membenci Chitoge karena ia memiliki rambut panjang (meskipun Marika berambut panjang tapi ia tetap membenci cewek rambut panjang). Dan ia menyimpan perasaan sukanya terhadap Raku sejak 10 tahun yang lalu.
  • Kanakura Yui: Gadis keempat dari masa kecil Raku dan mewarisi kepemimpinan mafia china. Ia kembali ke Jepang karena ada suatu urusan, dan ia juga mengenal Onodera, Chitoge dan Marika. Gadis easygoing dan mempunyai optimis yang tinggi ini juga memiliki sifat yang dewasa dan menghargai persahabatan. Wawasannya yang luas membuat ia lulus usia muda, yaitu saat 15 tahun.

Mereka berempat mempunyai masa lalu dengan Raku dan saling memiliki kunci, tapi hingga kini belum diketahui kunci mana yang bisa membuka liontin Raku dan entah kedepannya akan bertambah lagi atau tidak tokoh yang memegang kunci.

Lebay dan Membosankan
Emang dari temanya sendiri juga lebay, para komplotan penjahat saling bermusuhan bisa menjadi satu. Belum lagi SHAFT membuat segala adegan disini semakin lebay saja. Ciri khas SHAFT yang merupakan pala jereng yang tidak manusiawi terus dimunculkan (banyak yang membuat post tentang ini salah satunya dan bagi yang jarang melihat headtilt-nya seperti ini). Gaya nyentriknya pun juga terlihat dari adegan-adegannya yang tidak jelas.

Shaft-bo
Bukan rahasia lagi SHAFT emang (lagi) bermasalah, termasuk Mekaku City Actors banyak yang kecewa (termasuk saya kecewa dengan karya itu dan Nisekoi ini). Terlihat sekali produksinya yang berantakan, gabut dan budget-nya yang dikit. SHAFT studio yang bermasalah dalam management dan scheduling-nya. Dan Aniplex yang mengatur budget-nya melihat dari kesuksesan SHAFT terdahulu, benar-benar menjadi kaki-tangannya jadi selama masih bisa kerja ya teruslah bekerja (dan entah mengapa melihat kekejaman ini mengingatkan aku terhadap kasus animator A-1). Aku secara pribadi pun melihat Nisekoi pusing dan bosan melihat adegan yang sama secara terus-menerus. Dan kurasa SHAFT yang dipaksakan oleh Aniplex memasukkan unsur-unsur yang terdapat pada Bakemonogatari ke dalam sini (walaupun unsur tersebut tidak cocok, soalnya aku yang menonton,"lha, lha?" dan merasa ada keanehan diadegannya). Akiyuki Shinbo juga belakangan ini engga terlalu aktif, dan sepertinya Nisekoi sepenuhnya bukan oleh Shinbo.



Tinju api yang dibuat oleh Hironori Tanaka tampak keren (bagi yang ingin melihat gif-nya disini). Mungkin aku terlihat keterlaluan dalam mengomentari Nisekoi, tapi itu tidak seberapa dengan 'guyonan' diluar sana yang lebih pedas. Aku juga yang menonton seri ini juga merasa sangat bosan ya adegan sama diulang terus, gitu-gitu doang. Latar juga sering digambar seperti engga niat (awalnya terlihat seperti di Hidamari Sketch, tapi Hidamari kan emang full lawak jadi no problemo, beda kasus dengan ini). Salah satunya yang paling terlihat adalah Chitoge di Onsen dan Onodera saat membeli kado. Salah animasi, salah seiyuu... sempurna sudah kesalahan SHAFT. Beberapa adegan terlihat seperti kameramen ngambil scene-nya kesono-kemari. Aku pun bener-bener muak dan tak tahan lagi melihat animasinya yang seperti ini. Sukses sudah meruntuhkan semangat menonton Nisekoi.

1 comment:

  1. Nggak cuma salah SHAFT nya gan, jalan cerita juga salah, cerita nya makin nggak jelas, perkembangan penyelesaian konflik nya terasa makin ditunda2 untuk adegan2 yang kurang penting, dan maaf saja akhir2 ini selera humorku untuk anime dah terlalu tinggi utk dibuat ketawa oleh Nisekoi. Makasih atas reviewnya.

    ReplyDelete

 

Autumn 2015 Anime Chart

【Autumn 2015 Anime Chart】
For other info, click here.
For its hashtags, click here.

Featured Video


Random Posts