May 10, 2014

Ar noSurge: Boss yang Berkehendak Menghapus Save Data, Challenge Accepted?

Sepertinya beberapa gamer belum puas dengan game extreme dan super difficult yang telah ditamatkan, Akira Tsuchiya yang merupakan director dari Ar noSurge salah satu game dari Gust mempunyai sebuah ide gila, bahkan saking gilanya tidak akan direalisasikan.



Sebenarnya ide gilanya itu seperti apa sih? Menurut laporan yang beredar Tsuchiya mencetuskan membuat boss yang tidak bisa dikalahkan kalau kamu tidak mengikuti penyelesaian secara spesifik. Yang ini sih sepertinya biasa saja ya, mengingat Digimon World 3 juga ada boss yang tidak bisa dikalahkan, insiden ketika semua user berubah menjadi babi dan kita harus kembali ke kota yang dijaga oleh para pengawal kita harus memasuki lewat bawah air bukan lewat jembatan gerbang utama (temanku yang tidak tahu apa-apa kebetulan memakai gameshark dan terjebak disini hingga lama (cheat quick level dan infinity HP seingatku) akhirnya aku serta temanku yang melihat ini langsung memberitahunya itu boss emang engga bisa dikalahkan). Contoh lainnya, di Persona 3 kita juga tidak bisa asal mengalahkan Elizabeth, ada trik tertentu sama halnya Margareth di Persona 4.

Ide gila lainnya yang dicetuskan oleh Tsuchiya adalah boss yang tersadar bahwa ia berada di dalam sebuah game dan akan menyerang save data-mu. Wah kupikir ini benar-benar akan menjadi tantangan tersendiri untuk kita dan mengapa Tsuchiya tidak mengatakan boss ini akan merusakan kopian game-mu atau menghapus game-nya di harddisk kita, sehingga tiap kali kita kalah kita diharuskan membeli kopian game lagi atau beli lagi terus download ulang kopian digitalnya, aku yakin penjualan mereka bisa lebih baik (aku tidak bisa membayangkan apa reaksi para gamer ketika melawan secret boss yang punya hobi instant kill).

Gust merasa bahwa ini bukanlah sebuah ide bagus dan bisa menyebabkan kerusuhan dari fans, sehingga mereka memutuskan untuk tidak menimbulkan keprihatinan pula.

Jurnal Otaku Indonesia mengatakan sebuah ide mirip seperti ini pernah diimplementasikan pada game The Nightmare of Druaga: Fushigino Dungeon. Bila kamu mati, semua perlengkapan akan hilang dan setengah dari hartamu akan lenyap setengahnya. Beberapa gamer punya ide untuk mencet tombol reset saat ingin kalah untuk menghindari kejadian ini, tapi hal menyebalkan juga terjadi! Dewi Ishtar akan muncul dan berceramah panjang lebar, bila reset beberapa kali ia akan menceramahimu semakin lama.


Wah menyebalkan sekali membacanya. Catatan penting untuk para developer: bagus mengabulkan impian para gamer yang mengidamkan permainan expert, tapi penting memperhatikan target dan pasarannya entar gimana. Atau mungkin kamu tertarik dan setuju ide dari Tsuchiya tersebut? Bila iya, bagaimana kalau kamu mengumpulkan sebuah tim yang sependapat dan sepemikiran dengan Tsuchiya untuk kampanye juga berdemo dengan mereka agar mewujudkan idenya.

Sumber: Jurnal Otaku dan Siliconera

No comments:

Post a Comment

 

Autumn 2015 Anime Chart

【Autumn 2015 Anime Chart】
For other info, click here.
For its hashtags, click here.

Featured Video


Random Posts