May 12, 2014

Ryuugajou Nanana no Maizoukin

Ryuugajou Nanana no Maizoukin (龍ヶ嬢七々々の埋蔵金; Nanana's Buried Treasure) anime yang tengah mengudara saat kini diadaptasi dari light novel yang ditulis oleh Kazuma Ootorino dan untuk urusan art pada LN-nya digambar oleh Aka Ringo. LN-nya terbit dari Januari 2012 yang telah mencapai volume 7 dan masih ongoing serta telah mempunyai satu spin-off Ikkyuu Tensai no Kiwamete Fuhoni na Meisuiri pada Agustus 2013 yang masih ongoing juga dan baru memiliki volume 1 saja.

Anime-nya mendapatkan jam tayang noitaminA, dengan Kanta Kamei (Usagi Drop, Ore no Kanojo to Osananajimi ga Shuraba Sugiru dan Tales of Vesperia ~The First Strike~) sebagai sutradara, Hideyuki Kurata (Read or Die, Asu no Yoichi!, Ore no Imouto ga Konnani Kawaii Wake ga Nai dan Kannagi) yang memegang series composition, Tetsuya Kawakami (Robot Girls Z, Toei Robot Girls dan Sword Art Online) menangani character design dan musik diserahkan pada Keigo Hoashi (Aikatsu! dan Tasogare Otome x Amnesia) yang merupakan salah satu member MONACA (Star Driver, Working!!, A-Channel). Mulai tayang di jepang sejak 11 April 2014 dan mendapatkan 11 episode dan sebelumnya pada 26 Desember 2011 A-1 Pictures membuat sebuah 1 episode promotional video ini yang berdurasi 2 menit yang dipesan oleh Enterbrain karena Ootorino memenangkan 13th Entertainment Awards Grand Prize (Entame Taishou) pada September 2011 dari karyanya ini.

Harta Karun Terpendam
Yama Jugo dikarenakan ada masalah dengan ayahnya ia kabur ke Nanaejima Island, pulau yang dibuat oleh manusia terletak di Samudra Pasifik. Dengan modal yang dimilikinya Jugo bisa menyewa sebuah kamar di Happy House. Ia mendapatkan kamar no. 202 yang nyatanya sudah ada orang disitu. Mengira salah kamar Jugo langsung melaporkan pada Maboro Shiki, induk semang yang sekaligus pemilik dari Happy House. Shiki mengatakan bahwa ia adalah hantu yang dibunuh (oleh seseorang yang tak diketahui) di kamar sini 10 tahun yang lalu. Ingin pindah tapi tak punya uang lagi, mencoba menerima keadaan yang dihadapi sekarang Jugo diajak berkenalan dengan Ryuugajou Nanana hantu yang menghuni kamarnya. Dan karena Nanana terikat oleh kamar itu ia tidak bisa keluar dari situ. Hebatnya, hantu ini ternyata NEET yang kerjaannya hanya makan puding, menonton TV dan main game seharian. Agar bisa tertidur dengan tenang, seseorang yang membunuh Nanana harus dapat ditemukan.

Keadaan agak sulit harus tinggal bersama dengan seorang hantu NEET kesepian ini, seperti menyediakan pudding dan membelikan sebuah game. Semasa hidupnya, Nanana mengumpulkan harta karun sehingga ia bersama kawan-kawannya dapat membuat Nanae Island. Nanana sendiri adalah pemimpin dari Great 7 yang mengusulkan Nanae Island Project. Sebelum kematian Nanana, ia menyembunyikan Nanana's Collection di penjuru pulau. Barang-barang mistis nan misterius memiliki kekuatan khusus (misalnya sihir dan mendeteksi kebohongan). Sembari mencoba menemukan siapa dibalik pembunuhan Nanana, Jugo bergabung dengan Adventure Club, ekskul sekolahnya yang mencari harta karun yang Nanana kumpulkan dan dipendam disuatu tempat (yang berbeda-beda). Dengan barang-barang dari Nanana's Collection kita bisa mengetahui seseorang yang membunuh Nanana.

Character Voice
Satu hal yang disayangkan, peran utama perempuan disini alias Nanana jarang muncul padahal ia sangat moe. Jadi daya tarik disini selain melihat Nanana (yang sialnya tidak sering terlihat) dan detektif loli si Ikkyuu Tensai adalah mendengar suara para seiyuu disini. Jujur aku juga menonton seri ini karena ini mendengar suara Rui Tanabe yang sebelumnya berperan sebagai Sudou Cecil dalam Wizard Barristers: Benmashi Cecil. Tokoh lain misalnya saja Daruku Hoshino trap berkulit cokelat ini diisini oleh Hanazawa Kana, Tensai oleh Asumi Kana. Kousuke Toriumi mengisi Todomatsu Shuu, Harumi Sakurai mengisi Kurosu Sansa, Mamiko Noto mengisi Fugi Yukihime dan Yuuki Ono mengisi Jugo.

Gaje
Mari kita singkirkan sebentar Nanana hantu moe ini. Sudah 5 episode sekarang dan aku tidak melihat perkembangan ceritanya, progress-nya masih 0. Episode 2 hingga episode 4 seputar dari Nanana's Collection hanya saja arah ceritanya tidak jelas kemana. Episode 4 mungkin membuatku sangat gregetan, peran utama yang tolol dan musuh yang tolol. Ayolah, sebelumnya dia bisa menggunakan sihir menghentikan gerakan musuh mengapa saat disini tiba-tiba ia lebih senang menyiksa lawannya terlebih dahulu, engga langsung menghentikan mereka dan langsung kembali kabur. Episode-nya tambah random saja.

Detail begini, ketika treasure-nya dicuri oleh ketua ekskul Adventure Club, Jugo membayar seseorang dengan sebuah treasure dari Nanana's Collection (yang mungkin ini harga sepandan dari misi yang mesti dilakukan). Dan asisten dari ketua ekskul ini bertarung dengan orang sewaan dari Jugo. Jugo pun berhadapan dengan pencuri ini. Bukannya langsung pergi malah musuhnya ini banyak omong dan menjelaskan ingin menguasai dunia dan Jugo terlihat tidak tahu harus bertindak apa (atau tepatnya menunggu hingga batas dari cane yang dipegang ketuanya habis begitu saja). Akhirnya saat yang telah ditunggu-tunggu datang, keadaan berbalik kepada Jugo karena cane-nya sudah tidak bisa mengeluarkan sihir lagi. Tapi Jugo malah membalasnya dengan pembicaraan. Dengan kata lain,"Omonganku telah memukul hatimu" lalu tiba-tiba ada seseorang yang mengusik dan langsung menghajar Jugo dan aku melihatnya seperti,"Oh gitu, yasudah aku saja yang menghajarmu" tunggu, orang ini sebenarnya datang darimana dan kemana orang sewaan Jugo tadi?

Battle belum selesai, musuh kabur dan tiba-tiba ada helikopter dan pasukan bersenjata yang menangkap mereka. Dan adegan cool yang klasik "bisnis adalah bisnis" tidak bertujuan untuk menangkap musuhnya tapi kembali ke bisnis. Tapi dengan berbagai adegan konyol sebelumnya adegan ini kelihatan bodoh sekali.

Jadi seperti percampuran dari Indiana Jones (saat mencari harta kartun), Jaka Tingkir (pertarungan mereka), Detective Conan (penjelasan cane-nya) dan Mario Teguh Golden Ways (bukannya segera menghajar lawannya tapi Jugo malah menceramahinya).

NEET
Masih membicarakan di episode 4, menit permulaan Nanana seperti mengatakan,"Karena aku terikat dengan kamar ini dan tidak bisa kemana-mana, tolongin dong cari pembunuhnya... Aku mager dan sibuk main game". Bukankah pembunuhnya bisa diketahui dari salah satu barang Nanana's Collection? tapi mengapa ia tidak memberikan clue ke Jugo, apa masih bertahan dengan prinsip,"Apabila diberitahu maka sudah tidak mengasyikan lagi"? Ini demi kebaikan dirinya sendiri tapi malah bersikeras dengan kekonyolan.

The Transporter
Di episode 5 kesialan Jugo datang juga akhirnya. Jelas meskipun uang sewanya yang murah hanya ¥5000/bulan (untungnya ini sudah dibayar setahun penuh dimuka) tapi ia kan tinggal berdua dengan Nanana yang mesti makan pudding dan membelikan game untuknya dan ia tetap harus membayar uang listrik, air dan gas/bahan bakar. Dan angka yang tertulis benar-benar diluar dugaan, totalnya ¥22083!! Tentunya biaya ini melambung tinggi karena Nanana yang selalu bermain game 24/7 alias non-stop (dia hantu, tak perlu tidur, bisa leveling game online-nya kapan saja bahkan setiap saat), tunggakan listriknya sangat luar biasa. Dompet Jugo yang sedang sekarat akhirnya harus mencari uang tambahan ekstra, biaya utilitas tersebut minggu ini.

Mendapatkan rekomendasi dari ketua Adventure Club, Jugo pergi mengunjungi Guild disekolahnya. Maksud Guild disini ya benar-benar guild, kertas lowongan pekerjaan ditempel di papan seperti Dragon NestAtelier Iris 3: Grand Phantasm... seperti di game RPG dan/atau game online umumnya. Melihat sebuah pekerjaan dengan biaya sangat menarik yaitu ¥8000!  Pekerjaan dilakukan esok hari pukul 2:00 pm hingga 4:00 pm dan bisa menjaga rahasia, kira-kira pekerjaan apakah ini? Yaitu mengantar sebuah barang dan peran utama kita setelah sebelumnya menjadi Indiana Jones, Conan Edogawa dan Mario Teguh sekarang ia The Transporter.



Bingung ini ceritanya mengarah kemana, mau fokus dalam petualang Nanana's Collection tapi tidak detail dilihatinnya, saat Tensai memecahkan puzzle bahkan begitu saja. Penonton tak diberi pemandangan detail secara menyeluruh. Emang sih LN-nya sendiri masih ongoing (tidak yakin ending-nya bagaimana nanti) tapi berharap di episode kedepannya ceritanya lebih terarah, ngablu begini ceritanya.

Dan game yang dimainkan oleh Nanana bermacam-macam, kalo tidak salah TerrariaPhantasy Star Online 2Virtua Fighter dan Spelunker.

No comments:

Post a Comment

 

Autumn 2015 Anime Chart

【Autumn 2015 Anime Chart】
For other info, click here.
For its hashtags, click here.

Featured Video


Random Posts