July 16, 2016

Love Mate Series #1: Kalau Monyet Jatuh Cinta & Notice

Aku telat sekali baru mendapatkan komik ini, sebelumnya aku sempat melihatnya beberapakali di sosial media dan toko buku. Namun aku selalu mengurungkan niatku untuk membeli karena keuanganku sudah keburu habis untuk membeli komik (di daftar) wishlist-ku.


Love Mate Series 1: Kalau Monyet Jatuh Cinta & Notice

Buku ditampilkan secara dibalik (layaknya majalah Animonster), begitu pembaca menyelesaikan satu cerita, langsung putar saja bukunya untuk mulai membaca lagi. Love Mate ditulis oleh dua komikus, yaiut, Sweta Kartika yang terkenal karyanya Grey & JinggaNusantaranger dan saat ini baru saja mempublikasikan H2O:Reborn dan Annisa Nisfihani yang terkenal Me vs Big Slacker Baby, Pasutri Gaje dan webtoon-nya My Pre-Wedding baru saja tamat beberapa minggu yang lalu.

Kalau Monyet Jatuh Cinta by Sweta Kartika

Notice by Annisa Nisfihani

Gejolak Cinta
Terdapat dua cerita yang masing-masing tertulis kurang lebih sebanyak 50 halaman, pembaca akan menemukan percintaan ABG puber yang dikemas dalam Notice.

Erina Oktavia yang saat ini sudah tahun terakhir sekolahnya sedang disibukkan dengan tumpukan tryout. Suatu hari, Aresta Venandi, adik kelasnya, mendadak menembaknya. Ditengah kepusingan menghadapi kegiatan pembelajaran harus menghadapi juga percintaan. Karena mefokuskan diri ke pembelajaran, Erina langsung menolak Ares dengan tegas dan cepat. Walau sudah ditolak, tapi perhatian Ares tidaklah pudar apalagi ternyata Erina dan Ares seringkali bertemu. Lama-lama kelamaan, sudah tidak bisa dipungkiri sepertinya Erina jatuh cinta kepadanya. Perasaan gaduh ini membuatnya bingung dan susah untuk fokus. Bagaimana caranya Erina mengatasi ini?

Sedangkan Kalau Monyet Jatuh Cinta sedikit bertolak belakang, meskipun mengambil latar anak sekolahan juga tetapi menceritakan kisah cinta yang sedikit lebih dewasa.

Arjuna Praba Sakti lelaki yang pandai bermusik cukup populer di kalangan perempuan. Kepopuleran bukan karena keahlian musik namun ia adalah salah satu dari sesosok laki-laki pendengar yang baik. Tipe laki-laki seperti Juna sedikit sekali ditemukan. Ia mampu mendengarkan cerita orang lain dengan tenang, terutama curhatan perempuan tentang percintaannya. Walaupun Juna bisa memberikan nasihat percintaan yang baik, hingga saat ini masih menjomblo. Ketika Juna sedang nongkrong bareng Angie di kantin tiba-tiba Sita duduk dengan rusuh dan meminta sebuah nasihat. Ya, mereka bertiga bersahabat baik. Juna sudah mengenal Sita sejak lama, Sita sendiri sering sekali lari ke Juna untuk bersandar apabila ia sedang dalam masalah.

Keakraban ini terbukti dengan Juna yang bebas mencorat-coret diari Sita, bahkan pacarnya saja tidak mendapatkan izin (membaca diarinya). Hingga suatu ketika hubungan Sita harus berakhir dengan pacarnya (yang kesekian), Juna seperti biasa menolong dan memberikan sebuah solusi. Semenjak kejadian itu perasaan yang dialami mereka berdua sedikit berbeda, mengalami perubahan secara perlahan, padahal perlakuan keduanya masih sama seperti sebelumnya. Apakah cinta telah tumbuh berkembang diantara tali persahabatan Juna dan Sinta? Ataukah keduanya salah menerjemahkan hubungan mereka selama ini, bahwa selama ini mereka terikat dalam percintaan bukanlah persahabatan?

2 Kisah
Meski tidak tertulis di cover tapi di semua toko buku online dan struk bon belanjaku menunjukkan bahwa komik ini merupakan volume pertama, mungkin kedepannya akan ada volume lanjutan dengan kompilasi cerita dan komikus yang berbeda.

Aku, Kamu dan Kisah Cinta
Untuk Notice mungkin mengambil tema "Senpai notice me please" dimana Ares harus mengambil langkah berani dan memberikan perhatian yang ekstra agar dapat diperhatikan oleh Erina. Sayangnya untuk cerita satu ini tipikal romance biasa. Ceritanya biasa-biasa saja ditambah lagi dengan endingnya yang kurang memuaskan.

Kalau Monyet Jatuh Cinta mengambil dua tema besar cinta monyet: dan persahabatan. Seperti biasa Sweta Kartika mampu menuliskan cerita yang bisa bikin baper maksimal ke pembaca. Mengisahkan bagaimana Juna dan Sita yang masih hijau tumbuh kembang menjadi dewasa dengan cara saling menyikapi dan menanggapi perasaan diantara mereka. Di cerita tersebut juga mengambil setting pada tahun 2000an, dimana masih menggunakan basic phone (telepon seluler) dan jaman surat pos serta telepon umum masih bisa ditemukan.

No comments:

Post a Comment

 

Autumn 2015 Anime Chart

【Autumn 2015 Anime Chart】
For other info, click here.
For its hashtags, click here.

Featured Video


Random Posts