February 5, 2014

White Album2 TV Animation

Sudah sebulan lebih semenjak berakhirnya kartun WA2 ini, tapi tetap saja aku masih mengenangnya dan akhir-akhir ini lagu yang kusetel selalu lagu-lagu White Album berserta dengan Background Music-nya. Akan kukatakan bahwa kartun ini menjadi salah satu kartun terbaik sebagai penutup tahun 2013.

White Album2 sebenarnya merupakan sebuah visual novel buatan Leaf dan anime-nya diadaptasi oleh studio Satelight (dikenal dengan pembuatan kartun Kiddy GiRL-ANDShugo Chara!Basquash!NoeinSymphogearMacross Frontier dan banyak lainnya). Tidak sedikit orang menanyakan,"Ini season keduanya White Album?" atau "Yah harus nonton White Album yang pertama dulu dong?" maka dengan tegas akan ku jawab tidak perlu. Karena yang sama hanyalah musiknya saja. Jadi ini bukanlah sequel-nya, game-nya saja White Album rilis pada tahun 1998 dan White Album2 tahun 2010.

AQUAPLUS dan Leaf
Sebelum aku ceritakan sipnosis dari kartun ini mungkin ada baiknya kita menyimak bagian ini dulu. Mungkin bagi yang sudah lama menjadi penikmat visual culture engga asing lagi dengan nama perusahaan ini. AQUAPLUS adalah perusahaan yang memproduksi game, dan juga mendistribusikan game visual novel dewasa dari Leaf. Takkan aku ceritakan secara panjang dan detail karena kalian bisa membacanya di wikipedia sendiri sudah ditulis dengan jelas. Singkatnya saja, Leaf sudah memproduksi banyak game visual novel yang epic seperti To Heart, Comic Party, Utawarerumono, Tears to Tiara dan salah satunya White Album ini (oh ya, yang kusebut barusan itu sudah diadaptasi ke anime semua koq dan komik Comic Party sudah pernah rilis di Indonesia lho, aku dulu pas kecil pernah membelinya). Oktober 2013 rilis sequel game Tears to Tiara dan nantinya Jasmine dan Utawarerumono II juga akan rilis, sayangnya statusnya hingga kini masih TBA (yasudah, Tunggu Berita Aja).

Bunyi yang Selaras
Cerita dari kartun diadaptasi dari seri yang pertama, yaitu White Album 2 ~introductory chapter~ dan berlatar 10 tahun kemudian semenjak debut Morikawa Yuki (salah tokoh utama wanita di White Album). Bermula dari kisah Kitahara Haruki yang sedang berlatih memainkan gitar di ruang ekskulnya. Lagu yang dibawakan Haruki sudah cukup berumur, yaitu lagu White Album, meskipun begitu lagu ini sangat berkesan bagi Haruki namun ditengah-tengah dalam memainkan lagu ini Haruki engga bisa terlepas dari konflik ekskulnya yang perlahan anggotanya mulai keluar padahal pensi sekolah akan diadakan dalam waktu dekat ini.

Sembari membantu permasalahan waktu tampil dan kontes kecantikan sekolah, ia melanjutkan lagi memainkan gitarnya. Hal yang mengejutkan, suara piano di ruang musik (tepat berada disebelah ruangan Haruki main) mengiringi permainan gitar Haruki yang sumbang dan suara merdu yang menyanyikan lagu White Album dari atap juga dapat mengiringinya dengan baik. Ketiga bunyi yang synchronize namun semuanya berada di tempat berbeda. Haruki yang penasaran langsung saja pergi ke atap untuk menemui salah satu bunyi tersebut dan diketahui bahwa yang bernyanyi tak lain adalah Ogiso Setsuna, gadis yang memenangi kontes kecantikan di sekolah berturut-turut. Sayangnya, Haruki belom mengetahui siapakah pianis di ruang sebelah yang selalu membantu dalam permainan gitarnya (ini disebabkan juga ruangan tempat ia bermain selalu dikunci dari dalam).

Penasaran yang tidak berujung akhirnya membuat Haruki nekat untuk masuk ke ruang sebelah melewati jendela, sialnya Haruki slip dan terjatuh saat mencoba menyelinap masuk. Pianis di ruang sebelah untungnya bertindak cepat dan berhasil menangkap dan menolongnya… Ternyata orang itu adalah Touma Kazusa, gadis yang duduk tepat disebelah Haruki dan selalu tidur dalam pelajaran.

Tak lama kemudian Haruki mengajak Setsuna dan Kazusa untuk bermain bersamanya dalam pensi sekolah.

Cinlok dan Cinta Segitiga
Dalam waktu-waktu berlatih untuk pensi, mereka bertiga mengalami banyak kejadian hingga masing-masing dari mereka saling jatuh cinta. Siapakah yang akan dipilih Haruki dalam perjalanan cintanya? Setsuna kah yang merupakan gadis pemenang kontes kencatikan di sekolah atau kah sang pianis jenius Kazusa? Tapi pedekah Haruki untuk menembak Kazusa? Sedangkan Kazusa sendiri orang terkenal dan jenius, Haruki hanyalah cowo biasa-biasa saja.

Musik, Suasana dan Perasaan
Tak perlu banyak komentar tentang ini, musik yang dilantunkan benar-benar tepat sasaran dalam penggambaran dan adegan yang sedang dirasakan. BGM-nya sangat mengartikan suasana yang sedang terjadi dan lagu yang dibawakan juga benar-benar mengartikan dengan apa yang dirasakan oleh para tokoh.

3 Tahun Kemudian…
Sedikit spoiler saja dari White Album 2 ~closing chapter~ yang aku dapatkan di internet, semenjak insiden permasalahan yang dialami Kazusa, Haruki berubah menjadi cowo yang dingin dan merasa seperti tak layak untuk mencintai siapapun.



"The season of White Album has come."

Pembawaan kartun yang tepat di negara asalnya saat musim dingin dan menjelang natal, konflik percintaan yang terasa nyata seperti kehidupan masing-masing, latar dan tokoh digambarkan dengan baik, musik dan lagu tak perlu kujelaskan lagi karena aku sudah kehabisan kata-kata (yang pasti pokoknya WOW deh, meskipun lagu dan BGM dari visual novel) serta anime ini dapat dibawakan dengan baik, sebuah adaptasi yang bagus. Takkan bicara panjang lebar lagi, kukatakan sekali lagi ini sebagai anime terbaik untuk menutupi tahun 2013 lalu.

Oh iya, di episode terakhir pada saat Kazusa dan Haruka sedang bercinta ada suara desahan kecil namun tetap saja suara BGM-nya malah makin dikencangkan disini. Harapannya sih, 6 bulan lagi semoga dibuatkan yang White Album 2 ~closing chapter~ soalnya White Album yang pertama dibagi menjadi 2 Season, dan White Album 2nd Season tayang di televisi memakan jeda 6 bulan setelah tamatnya White Album. Bagi yang penasaran cerita dari visual novel-nya, aku mendapatkan link dari teman. Silahkan dibuka forumnya dan ini kemungkinan prolog WA2 Season 2 (kalo ada). Untuk referensi lainnya bisa dibuka disini (dengan tag White Album dan White Album 2).

No comments:

Post a Comment

 

Autumn 2015 Anime Chart

【Autumn 2015 Anime Chart】
For other info, click here.
For its hashtags, click here.

Featured Video


Random Posts