February 3, 2014

Mikakunin de Shinkoukei

Mikakunin de Shinkoukei (未確認で進行形; Engaged to the Unidentified) merupakan salah satu anime yang sedang tayang saat ini, diangkat dari manga 4-panel karya Cherry Arai.

Jujur aku sendiri pada awalnya engga yakin untuk mengambil kartun ini untuk ditonton, namun teman-temanku pada menonton semua dan mereka sempat mengirimkan screenshot-nya. Mereka berkata anime-nya lucu dan bisa membuat senyum-senyum sendiri. Aku benar-benar engga mengetahui apa pun tenang anime ini, aku tidak mengetahui Dogakobo dan seiyuu lainnya, yang ku ketahui hanyalah satu, Wataru Hatano... ia pernah menjadi seiyuu Felt dalam game Atelier Iris: Eternal Mana 2 hanya itu!

Orang Asing
Di ultah ke 16-nya Yonomori Kobeni sedikit bermimpi tentang masa lalu... ia tak begitu ingat... semua terlihat samar-samar. "Yah, meskipun engga ada yang spesial menjadi 16 tahun, tapi tetap saja aku merasa sedikit spesial" kata Kobeni dalam hatinya. Kobeni yang membuka pintu ruang tamu (atau ruang makan?) langsung saja mendapatkan sambutan hangat ultahnya dari ibunya dan kakaknya yang energik. Tampak tidak ada yang spesial untuk sesaat, tiba-tiba ibunya membicarakan hal yang penting kepada Kobeni. Siapa tebak, ternyata ia didatangi oleh pemuda berserta adik perempuannya yang akan tinggal satu atap dengan mereka. Yang lebih mengejutkan lagi, pemuda yang bernama Mitsumine Hakuya ternyata menjadi tunangannya Kobeni!

Komedi?
Berdasarkan anime chart Winter 2013-2014 yang kudapatkan juga mengatakan bahwa anime ini bertemakan komedi, sayangnya setelah aku tonton malah aku jarang sekali ketawa dan menanyakan sekali lagi apakah ini benar-benar anime komedi atau bukan? tapi berdasarkan informasi yang kudapat tentu saja ini anime komedi (mengingat lagi ini diangkat dari manga 4-panel). Entah selera humorku yang kurang atau komedinya biasa-biasa saja, jadi emang tidak terlalu menonjolkan sisi komedinya.

Santai dan Menyegarkan
Meskipun tadi aku mengatakan "apakah ini benar-benar komedi atau bukan?" tapi pembawaan slice of life, school dan romance dapat diresapi dengan enak. Penggambaran tokoh dan background aku katakan juga bagus, tidak seperti Sakura Trick yang background-nya benar-benar 'garis' doang (mungkin nanti aku juga akan membahas Sakura Trick). Segala adegannya sungguh enak, buktinya saja walaupun aku ragu hingga episode 2 tapi ternyata hingga saat ini kutonton terus dan menjadi salah satu anime yang kutunggu-tunggu di musim ini.

Aneh, tapi Catchy!
Bicarakan lagu pembuka dan penutup dari kartun ini... aku katakan setegas-tegasnya lirik lagunya aneh sekali. Biasanya aku tidak akan mendengarkan lagu yang aneh dan langsung ku skip bagian lagunya (terkecuali aku belom tahu lirik lagu dan tidak semua fansub menulis lirik lagu anime-nya, contohnya HorribleSubs) meskipun aku tahu aneh tapi sulit untuk tidak nge-skip bagian opening dan ending song-nya. Lagu yang dibawakan oleh みかくにんぐッ! (Mikakuning!), nyanyian para seiyuu kartun ini yang dipadu aransemen catchy pas sekali untuk cerita santai ini. Aku suka sekali awal dari lagu とまどい→レシピ (Tomadoi →Recipe), itu suara dari para seiyuu dan gerakan para tokohnya sinkron, hal ini juga yang membuat aku jadi ketagihan dengerinnya.



Anime berdurasi kurang lebih 23 menit ini kukatakan layak menjadi kartun musim ini untuk ditonton, apalagi hanya 12 episode. Tapi aku engga akan mengharapkan banyak juga, toh aku tidak mengenal baik studio yang menanganinya dan para seiyuu, apalagi komiknya saja baru 3 jilid di negara asalnya. Sedikit berharap juga akhirnya, aku menunggu perkembangan tokoh Hakuya dan kebodohan apa lagi yang diperbuat oleh Benio, kakak perempannya Kobeni. Bagi kalian yang menyukai cerita santai seperti GJ-Bu aku rekomendasi untuk mengikutinya (aku mengatakan seperti ini karena menontonnya dapat feel-nya sesantai GJ-Bu).

No comments:

Post a Comment

 

Autumn 2015 Anime Chart

【Autumn 2015 Anime Chart】
For other info, click here.
For its hashtags, click here.

Featured Video


Random Posts