February 21, 2014

The Sims Castaway Stories

The Sims Castaway Stories sudah rilis cukup lama, yaitu tahun 2008 plus ini merupakan versi PC dan Mac dari The Sims 2 Castaway yang rilis pada tahun 2007 dipelbagai platform konsol dan handheld. Saat Level Comics menerbitkan Prizona6 dan Cage of Eden, mendadak membuat aku ingin kembali memainkan The Sims dengan tema terdampar di suatu pulau. Sebelumnya aku juga pernah memainkan The Sims 2 Castaway di PS2 dan saat aku ingin pindahkan ke komputer dan memainkannya menggunakan emulator CD-nya engga bisa dibaca. Aku yang segera mencari di google untuk mendapatkan kopian datanya tiba-tiba menemukan yang versi PC ini dan yah terima saja apa yang sudah didapatkan, daripada susah mencarinya lagi.

Pulau Tak Diketahui
Cerita diawali dengan Sims yang sedang menghadiri sebuah pesta di kapal persiar, namun ditengah-tengah meriahnya pesta itu tiba-tiba terdengar suara yang besar. Ternyata suara itu berasal dari mesin kapal yang meledak. Sims kita yang pingsan hanyut terbawa air hingga sampai ke daratan pantai. Setelah 2 hari akhirnya Sims sadarkan diri dan harus bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar, lupakan televisi, telepon selular atau alat canggih lainnya! Mau tidak mau harus bisa membiasakan diri dengan alam liar. Sims juga akan eksplorasi ke dalam hutan untuk menemukan apakah ada orang lain yang selamat dari kecelakaan, penduduk lokal dan bahan-bahan untuk membuat perahu darurat agar bisa pulang kerumah.

Primitif dan Kepercayaan Mistis
Hal pertama yang kuherankan disini, ternyata game ini lebih mudah dari seri sebelumnya. Serius, ini mudah sekali daripada seri sebelumnya (apa karena english-ku dulu hancur jadi susah untuk memainkannya?) misalnya saja, dalam The Sims 2 Castaway kita bisa membawa hingga 6 sims, tapi disini cuma seorang. "The more the merrier" yap awalnya kukira akan lebih baik membawa banyak, tapi ternyata itu adalah salah besar, kenapa? Kita harus mengatur 6 Sims dalam tugas mengeksplorasi pulau tapi secara bersamaan mengatur mood mereka dengan keadaan segalanya terbatas sangatlah sulit. Membuat tempat tidur, bercocok tanam di titik-titik tertentu, mengumpulkan bahan untuk membuat pakaian serta perabotan dan aktivitas lain seperti hiburan, mandi dan lain-lain. Tapi disini, hanya seorang kupikir akan benar-benar Cast Away sehingga untuk meningkat social-nya saja harus menulis buku yang tadinya kuanggap juga sebagai Wilson the volleyball di The Sims, tapi setelah diketahui kita akan menemukan orang yang berhasil selamat dan warga lokal hal itu membuatnya segalanya dari yang mudah jadi sangat mudah. Oh ya, satu lagi, Sims kita memiliki Shellphone, ya maksudku benda gaib berbentuk telepon kulit kerang ajaib di suku itu untuk memanggil sims lainnya. Mood dan skill disini mudah sekali dikembangkannya, apalagi pakaian disini tidak akan rusak. Walaupun tidak ada bala bantuan dari langit yang menjatuhkan kebutuhan utama (seperti pakaian dan lain-lain) tapi ada fitur pekerjaan yang seperti biasa otomatis berangkat kerja, jadi ya sekali lagi, dalam pengumpulan makanan dan keuangan menjadi lebih mudah.

Alam Liar
Fitur yang dihadirkan dalam game ini ada dua, story mode yang bernamakan Shipwrecked and Single dan open-ended atau free mode yang dinamakan Wanmami Island. Keduanya beda pulau jadi saat bikin (keluarga) Sims pastikan bikin di mode yang benar, saat story mode sudah selesai dimainkan nantinya akan menjadi free mode juga. Untuk story mode kita diberi 24 chapter dan misi-misi tertentu agar bisa membuka item yang harus dimainkan di story mode ini. 24 chapter disini sangat sebentar, aku menamatkan game ini hanya dalam 2 hari... itu pun aku engga full main 5-8 jam. Di seri sebelumnya aku benar-benar pusing eksplorasi, menjalankan misi, mengatur mood mereka, mengumpulkan bahan plus saat itu english-ku pas-pasan. Disini dalam menjalankan misi akan diberitahu secara detil dengan hint-nya (nantinya bisa dimatikan di-option) tapi tanpa hint-pun masih tetap mudah untuk diselesaikan, kalo kamu ingin lihat bisa buka link disini.

Orangutan, hyena dan jaguar jadi fitur tersendiri disini yang nantinya bisa menjadi pet, orangutan unggul karena ia bisa bekerja membantu mencari nafkah seperti Sims. Pijakan tanah yang tidak stabil, ada tebing, jurang lalu pantai menjadi tantangan sendiri dalam membuat rumah, mengatur bidang lahan (menurunkan atau menaikkan permukaan tanah) dan menaruh furniture yang cocok, sesuai dan muat dengan lingkungan yang diberi. Waktu disini juga bukan jam, melainkan pergerakkan matahari. Pada saat matahari berada di posisi tertentu maka itu menunjukan jam didalam game ini. Dependency juga menjadi faktor penting dalam sumber energi disini, misalnya untuk menyalakan keran atau memasak dengan oven. Tapi kukatan untuk apa? Mandi bisa di dalam laut dan masak bisa dengan menggunakan tungku api juga.



Akhir kata, game dari ini kurang menantang daripada seri sebelumnya. Tapi ya memang sepertinya salah juga bila berharap lebih ke survival dalam The Sims atau simulasi seperti ini. Poin lebihnya adalah bagi kalian yang merencanakan membangun surgamu, yak disini bisa dikatakan tepat untuk berlatih membuat resort impianmu. Pemandangan indah, dekat pantai dan hutan bisa menjadi tempat tinggal disini dan membangun resort yang fantastis.

No comments:

Post a Comment

 

Autumn 2015 Anime Chart

【Autumn 2015 Anime Chart】
For other info, click here.
For its hashtags, click here.

Featured Video


Random Posts