September 27, 2014

Neo Mushroom Garden

"Sepertinya aku pernah melihat jamur-jamur ini deh, tapi apa ya?" ketika pertama kumelihat di Google play dan tanpa pikir panjang langsung men-download-nya disebabkan rating-nya yang tinggi dan melihat ulasan dari para pemainnya yang puas dengan permainan macam ini.



Dan aku akhirnya sadar bahwa ini adalah sebuah spin-off dari Touch Detective, game yang terkenal di NDS. Yah walaupun sekarang game tersebut sudah berhasil di-port ke Android dan iOS pula. Dan tentunya berbayar, tak seperti spin-off ini yang gratis.

Jamur, Jamur dan Jamur
Kalo ditanya bagaimana permainannya sih sebenarnya cukup... maksudku sangat simpel. Pemain hanya perlu tap layar smartphone-nya di pojok kanan bawah untuk memberinya makan (dengan periode waktu tertentu) dan bila jamur sudah tumbuh tap kembali untuk panen. Periode waktu yang disebutkan disini pemain disediakan waktu 15 menit sekali, 30 menit sekali, 1 jam sekali, 4 jam sekali dan 8 jam sekali untuk setidaknya kembali memainkan game ini dan memberinya makan. "Mainnya gitu 'aja?" celetuk temanku ketika ia melihat aku memainkan game ini, iya makanya kubilang permainannya sangat simpel. Ada misi-misi tertentu yang bisa diselesaikan untuk meningkatkan mesin, makanan dan tempat perawatan jamurnya. Semakin tinggi kualitasnya maka jamur yang akan muncul juga semakin berharga. Untuk meningkatkan pengolah makan jamurnya juga diperlukan bahan-bahan tertentu yang bisa didapatkan dari box (atau kardus) yang kamu pakai saat panen. Tiap tempat memiliki mesin-mesin masing, yang terdiri lampu atau penerang, penghangat dan pelembab udara. Menggunakan mesin yang tidak sesuai dengan tempat yang sedang digunakan membuat proses kerja pertumbuhan jamur menjadi tidak maksimal.

Pembaruan
Selama aku memainkan game di teleponku, game inilah yang paling sering update. Dan file update-nya selalu muncul ketika aku mulai jenuh pada misi yang sedang kujalani. Bukan hal besar atau penting, tidak di-update juga tidak masalah. Bentuk update-nya berupa tema, yang secara otomatis menambah varian gaya funghi dan mesinnya. Ada juga yang update dengan menambah pengolah makanannya seperti yang terjadi pada tema Hero. Ketika update pertama kali muncul, itu terkadang tak bisa langsung dirasakan. Pemain harus menunggu beberapa waktu hingga Password untuk meng-unlock temanya di-publish disitus resmi mereka. Aku sendiri update terakhir kali pada tema Nostalgic Home. Bila tidak salah setelah aku berhenti memainkan ini ada update untuk penukaran item sehingga misi yang dijalankan bisa menjadi lebih mudah untuk diselesaikan.

Waktu
Meskipun ini game santai tapi bisa membuat sedikit kecanduan juga. Seengganya untuk beberapa menit sekali para pemain wajib membuka game ini untuk panen dan memberinya makan. Bahkan aku dahulu pernah set 15 menit sekali makanan akan expired dan tiap 2-5 menit aku buka untuk panen jamur, terutama setelah aku Fertilizer dan Rare Medicine untuk mempercepat pertumbuhan funghi dan meningkatkan chance munculnya funghi yang langka. Atau bila malas tapi tetap nafsu aku set 30 menit atau 1 jam sehingga tiap kali melihat jam sudah menunjuk pada pukul sekian aku membuka game ini. Akhirnya aku sadar sendiri bahwa game ini mengikuti kerja jam yang diatur oleh telepon. Aku bisa menyelesaikan game ini lebih cepat dengan mengotak-ngatik sistem Date & Time diteleponku. Aku set waktu, kembali ke pengaturan waktu telepon, buka kembali game ini dan jamur siap panen dan berikan makan lagi. Sehingga aku tidak perlu menunggu 15 menit sungguhan, aku cuma mengatur terus waktu yang ku-setting manual di teleponku.

No comments:

Post a Comment

 

Autumn 2015 Anime Chart

【Autumn 2015 Anime Chart】
For other info, click here.
For its hashtags, click here.

Featured Video


Random Posts